get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Universitas Ciputra Bantu Edukasi UMKM Kriya Batik agar Ramah Lingkungan

Rabu, 14 Desember 2022 | 17:33 WIB
header img
Universitas Ciputra Bantu Edukasi UMKM Kriya Batik supaya bisa ramah lingkungan. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Masalah limbah dari produksi UMKM Kriya Batik menjadi perhatian Universitas Ciputra. Melalui dana insentif Abdimas dari DIKTI tahun 2022, Universitas Ciputra berupaya untuk memberikan perhatian terhadap masalah ini agar UMKM kriya batik menjadi semakin ramah lingkungan. 

Ketua Pelaksana program, Dr. David Sukardi Kodrat, MM., CPM (Asia) mengungkapkan, Universitas Ciputra melalui program dengan judul "Pendampingan UMKM Batik berbasis Greenpreneur" Universitas Ciputra ingin agar UMKM kriya batik semakin mampu meningkatkan kapasitas produk dan produksi UMKM tanpa menimbulkan limbah. 

"Peningkatan kapasitas UMKM, khususnya kriya batik, dapat dilakukan melalui pengenalan terhadap motif batik kekinian, penerapan SGDs melalui konsep greenpreneur, dan digital marketing untuk peningkatan kapasitas pemasaran. 

UMKM kriya batik dipilih karena besarnya kontribusi batik terhadap perekonomian nasional, besarnya kontribusi batik terhadap serapan tenaga kerja di Indonesia, dan besarnya jumlah UMKM yang bergerak dalam bidang kriya kain. Hal tersebut juga sebagai bagian dari upaya menempatkan batik sebagai produk ekonomi kreatif  yang memiliki kapasitas untuk memperkuat identitas kebudayaan, apalagi setelah status batik sebagai warisan budaya dunia ditetapkan UNESCO pada 2 Oktober 2009. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut