get app
inews
Aa Read Next : Trilliun Group-Pemkab Sidoarjo dan Dinas Pangan Sinergi Majukan Pertanian Mandiri

Kurangi Penggunaan Sampah, Mahasiswa UC Gandeng Karang Taruna Lakukan Aksi Sosialisasi Diet Plastik

Minggu, 18 Desember 2022 | 21:48 WIB
header img
Universitas Ciputra (UC) Surabaya menggandeng karang taruna untuk melakukan diet plastik di Sidoarjo. Foto iNewsSurabaya/ist

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Mahasiswa Universitas Ciputra (UC) yang tergabung dalam project HTS (Hijau Tanpa Sampah) menggandeng Karang Taruna Rw 07 Sekardangan, Sidoarjo melakukan aksi sosialisasi secara door to door. 

Aksi ini dilakukan karena banyaknya penggunaan sampah plastik sekali pakai dalam rumah tangga. Pada kegiatan yang berlangsung pada hari Minggu 18 Desember 2022 ini, ada sekitar 20 rumah warga yang telah dikunjungi. 

Alika, Humas Kelompok dari UC menyatakan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh sampah rumah tangga yang menghasilkan 42,23% terhadap total sampah nasional yang sebanyak 21,88 juta ton pada 2021. Adapun sampah yang banyak dihasilkan adalah sampah plastik yang tidak bisa terurai dan banyaknya pemakaian plastik sekali pakai. 

"Untuk mengurangi penggunaan sampah rumah tangga yang masif, maka dilakukan pendekatan sosial terhadap warga di lingkungan RT 24," katanya. 

Edi Priyanto Pegiat Lingkungan dari Kampung Edukasi Sampah Sidoarjo menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan “Sosialisasi Diet Plastik dan Mengurangi Sampah” yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Entrepreneurship dan Humaniora Universitas Ciputra tersebut. 

“Timbulan sampah jenis plastik dari tahun ke tahun terus terjadi peningkatan, kalau dirata-rata setiap orang bisa  menghasilkan sampah sekitar 0,7 Kg/Orang/Hari yang terdiri dari sekitar 17-20% adalah Sampah Plastik’, ujar Edi. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut