get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jatim Gencarkan Pendidikan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus, Ini Syarat yang harus Dipenuhi

Aisyiyah Busthanul Atfal Ababe Sidoarjo Konsisten Jalankan Pendidikan Inklusif

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 11:15 WIB
header img
Aisyiyah Busthanul Atfal Ababe Sidoarjo Konsisten Jalankan Pendidikan Inklusif. Foto iNewsSurabaya/ist

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id -Taman Pendidikan Anak (TPA), Kelompok bermain (KB) dan Taman Kanak- kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal di Kelurahan Bebekan Sepanjang, Kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo yang sering disebut dengan sebutan Ababe konsisten kan pendidikan inklusif.

Kepala TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bebekan, Massuniyah S.Pd menjelaskan pihaknya fokus menerima Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sejak tahun 2012, Untuk tiap kelas ada rata rata ada dua anak Inklusif dan didampingi dengan guru guru yang profesional dampingi anak anak tersebut.

“Setiap kelas ada setidaknya dua orang ABK. Kami juga telah siapkan guru pendamping khusus jika dibutuhkan,” ujar Massuniyah 

Pendidikan inklusif ini didukung penuh oleh BBGP(balai besar guru penggerak) propinsi jawa timur. Di sampaikan oleh Budi Prastiyo S.pd M.pd staff khusus Program BBGP. "Kaitan dengan inklusif  ini merupakan bagian dari kurikulum merdeka yang mana peranan orang tua juga sangat diperlukan dalam proses belajar tumbuh kembang anak mas, bagi orang tua baru ini akan jadi hal yang cukup melelahkan namun peranan orang tua lebih utama memang,sekolah hanya sebagai pendukung saja" ujar Budi.

Wali murid dari ababe Indah Nuraini ceritakan jika putrinya mulai dari kelompok bermain hingga saat ini di Taman kanak kanak sangat nyaman dengan metode pengajaran dari ababe, meski satu kelas dengan murid ABK tak buat putrinya terhambat dalam proses belajar.

"Harapan saya ababe selalu upgrade sarana dan prasarananya , menjadikan sekolah yang ramah dengan anak, selalu mengedepankan pendidikan akhlak, etika yang baik , dan Semoga menjadi sekolah talent yang membentuk karakter anak yang sholeh sholehah dan terakhir wajib dan harus konsisten dengan pendidikan inklusif yang menurut saya jadi pembeda dibandingkan dengan sekolah lain" ujar Indah saat di temui awak media (13/10)

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut