get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Bersih-Bersih Sedunia, Sampoerna Buat Sumur Biopori di Karawang

LPPM UWKS Latih Keterampilan Mitigasi Banjir kepada Warga Kampung Wisata Kebangsren Surabaya

Rabu, 21 Desember 2022 | 11:22 WIB
header img
Masyarakat Kampung Wisata Kebangsren, Kecamatan Genteng Kota Surabaya diberikan pemahaman dan pengertian akan pentingnya mitigasi kebencanaan serta strategi pembuatan sumur resapan dan biopori. Foto/Dok LPPM UWKS

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), memberikan pengetahuan mengenai peningkatan kapasitas keterampilan mitigasi bencana banjir, serta melakukan pelatihan pembuatan sumur resapan dan biopori kepada masyarakat yang berada di Kampung Wisata Kebangsren Kecamatan Genteng Kota Surabaya. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (18/12/2022) tersebut merupakan Program Kemandirian Masyarakat (PKM), program insentif pengabdian kepada masyarakat berbasis pada capaian indikator kinerja utama (IKU) dan terintegrasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Tim yang tergabung dalam program kegiatan ini adalah Dr. Ria Tri Vinata SH., LLM, Dr. Phil. Sarah Yuliarini, SE, M.Ak., CFP, Nur Khalimatus Sadiyah S.H., M.H., Dr. Raden Besse Kartoningrat, S.H., M.H., Desy Nurkristia Tejawati, SH.,M.Kn dan Akbar Bayu Kresno Suharso, S.T., M.T. 

Dalam mengatasi permasalahan keterampilan mitigasi banjir, masyarakat Kampung Wisata Kebangsren Kecamatan Genteng Kota Surabaya diberikan pemahaman dan pengertian akan pentingnya mitigasi kebencanaan serta strategi pembuatan sumur resapan dan biopori. 

Dr. Ria Tri Vinata SH., LLM menjelaskan, bahwa sosialisasi ini lebih mengutamakan base praktek, yaitu bukan sekedar memberikan informasi saja, melainkan masyarakat juga dilatih untuk praktek dan menerapkan mitigasi bencana. 

"Seperti contoh ketika terjadi bencana banjir apa saja yang harus dilakukan dan apa yang harus tidak dilakukan, siapa dan barang apa yang utama diselamatkan terlebih dahulu,” tuturnya.

"Penambahan pengetahuan mitigasi bencana menjadi penting, agar masyarakat memahami bahwa ada cara lain dalam menyelesaikan persoalan kebencanaan yaitu dengan cara memanfaatkan teknologi mitigasi bencana banjir berupa pembuatan sumur resapan biopori," lanjutnya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut