get app
inews
Aa Read Next : Harlah IV FJN, Gelar Tahlil untuk Rizal Ramli, Gus Aam dan Sahabat Brury

KH Abdul Wahab Chasbullah, Inisiator, Pendiri dan Penggerak NU

Senin, 09 Januari 2023 | 10:27 WIB
header img
KH. Agus Solachul Aam (Gus Aam), cucu KH. Abdul Wahab Hasbullah saat bersilaturahmi ke sahabatnya Dr. Rizal Ramli. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - KH. Abdul Wahab Chasbullah atau Mbah Wahab merupakan inisiator, pendiri dan penggerak Nahdlatul Ulama (NU).

Mbah Wahab adalah tokoh penting dalam proses berdiri sampai berkembangnya NU  (1916 - 1971). Ia juga menjadi Kiai yangg paling lama berkiprah di pentas perpolitikan nasional.

Untuk itu, menjelang 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang akan diperingati secara kolosal di stadion Gelora Delta Sidoarjo pada 7 Februari 2023, nama tokoh pendiri NU tersebut menjadi pembahasan dikalangan nahdiyin.

"Hal ini disebabkan karena beliau berkiprah  tanpa henti mengikuti tiga zaman. Mulai masa pergerakan sampai merebut kemerdekaan, masa kepemimpinan Soekarno dan masa Kepemimpinan Soeharto," kata KH. Agus Solachul Aam (Gus Aam), cucu Mbah Wahab.

Gus Aam mengenang, sosok Mbah Wahab  (Begitu biasa kami memanggilnya sebagai cucu ), dikenal gemar berdebat dan olahraga.

Terutama pencak silat, walaupun tubuhnya kecil. Namun karena keuletan berlatih mengantarkannya menjadi pendekar pencak silat. Bahkan Mbah Wahab  mendirikan  Pencak Timur di Kota Mekah 

"Jadi tidak heran jika gurunya, Syaikhona Kholil Bangkalan sampai menjulukinya Sang Macan. Hal tersebut dibuktikan sebagai sosok Kiai yang tidak hanya berani dengan tangan kosong, tapi juga berani berkelahi lewat jalur organisasi dan politik," imbuh Gus Aam.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut