get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Jenderal Dukung Ganjar, Siap Lawan Segala Bentuk Intervensi

Bela Negara Bukan Hanya Urusan TNI dan Polri, Jokowi Sebut Rakyat Miliki Peran Jaga NKRI

Minggu, 19 Desember 2021 | 13:40 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh rakyat Indonesia menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).(Foto : iNewsSurabaya/okezone)

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh rakyat Indonesia menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Aksi bela neagra bukan hanya urusan TNI dan Polri semata.  

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam amanatnya yang dibacakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memimpin upacara memperingati Hari Bela Negara (HBN) ke-73 Tahun 2021 di Pelataran Monumen Tugu Api Soekarno di Kemhan, Jakarta, Minggu (19/12/2021).  

 “Kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat yang lainnya,” demikian amanat Presiden Jokowi yang dibacakan oleh Menhan Prabowo dikutip dari keterangan tertulis Biro Humas Setjen Kemhan.

Presiden Jokowi menyebutkan beberapa nilai-nilai dasar bela negara yang perlu dikembangkan oleh seluruh komponen bangsa, di antaranya cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan negara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara.

"Sekali lagi saya mengajak kita semua menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaan kita untuk ikut serta dalam bela negara, di manapun kita berada, apapun pendidikan kita, apapun profesi kita, semua punya hak, semua punya kewajiban dan semua punya kesempatan yang sama untuk bela negara,”imbau Jokowi.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut