get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Sejarah Jembatan Petekan Surabya, Bukti Warisan Teknologi Dari Belanda. Ini Kisahnya

Jum'at, 20 Januari 2023 | 00:08 WIB
header img
Jembatan Petekan berada di Jalan Jakarta, Perak Utara Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya, Jawa Timur. foto : Sindonews

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pada zaman dahulu saat Kota Surabaya masih diperintah oleh kolonial Belanda kota Surabaya memiliki jembatan yang bisa dibilang canggih pada masa itu, Jembatan tersebut dinamakan Ferwedarbrug atau masyarakat kota Surabaya sering menyebutnya dengan nama Jembatan Petekan.

Jembatan ini berada di Jalan Jakarta, Perak Utara Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya. dinamakan Ferwedarbrug karena diambil dari nama seorang panglima perang angkatan laut Hindia Belanda yaitu Admiraal Ferweda. Jembatan Petekan ini dibangun di atas sungai Kalimas, tepatnya berada di kawasan Bataviaweg.

Pada tahun 1900 Jembatan Petekan ini dibangun oleh NV. Machinefabriek Braat and Co. Jembatan ini mulai beroperasi pada tanggal 16 Desember 1939.

Masyarakat biasa menyebut jembatan ini dengan nama Jembatan Petekan karena sistem kerjanya ditekan (petek-an), dalam bahasa Jawa Petek-an memiliki arti yaitu ditekan atau di pencet. Oleh karena itu Jembatan Petekan di Surabaya ini merupakan jembatan tercanggih pada masa itu.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut