get app
inews
Aa Read Next : Ubaya Target 55 Guru Besar dalam Periode 2023-2027

Ubaya Kukuhkan Dua Guru Besar

Selasa, 21 Desember 2021 | 21:15 WIB
header img
Pengukuhan dua Guru Besar Ubaya. (Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id – Universitas Surabaya (UBAYA) mengukuhkan Prof. Markus Hartono dan Prof. Restu Kartiko Widi sebagai Guru Besar. Dua profesor dari Fakultas Teknik ini merupakan Profesor UBAYA yang ke-11 dan 12

Rektor UBAYA, Benny Lianto, mengungkapkan bahwa komitmen UBAYA sangat tinggi untuk melakukan lompatan dalam bidang sumber daya manusia (SDM). Hal tersebut diwujudkan dengan dukungan UBAYA yang mendorong dan mempercepat serta memfasilitasi para dosen dalam mencapai level profesionalitas tertingginya.

"Bertambahnya Guru Besar tentu akan semakin memperkokoh komitmen mutu dan reputasi akademik UBAYA. Gelar sebagai profesor hendaknya tidak membuat jati diri berubah. Tetap rendah hati dan tetap terus berkarya serta bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Prof. Markus Hartono, sebagai Guru Besar bidang ilmu Teknik Industri menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul “Rekayasa Faktor Manusia Berbasis Kepuasan Afektif (Kansei) dalam Desain Industri Layanan – Sebuah Pendekatan Kontemporer Integratif dan Tantangan ke Depan”. 

Prof. Markus mengatakan, rekayasa faktor manusia (human factors engineering/HFE) menitikberatkan pada human-centered design. Tujuan utamanya untuk mencapai kepuasan total bagi pengguna atau pelanggan agar lebih efisien, nyaman, aman, sehat dan efektif (ENASE). 

Hal tersebut memiliki keterkaitan dengan adanya rekayasa berbasis kebutuhan emosional pengguna yang disebut rekayasa Kansei atau Kansei engineering (KE). 

Kansei engineering didefinisikan sebagai sebuah metodologi di bidang ergonomi yang berorientasi pada pelanggan untuk pengembangan produk terutama yang berfokus pada perasaan atau kebutuhan emosional pelanggan. 

Perasaan yang dimaksud berupa kesan elegan, mewah, kuat, atau cantik mengenai fitur produk atau atribut layanan.

Orang yang kaya akan Kansei adalah mereka yang penuh emosi, pengetahuan, gairah dan kemampuan untuk bereaksi secara sensitif terhadap perubahan lingkungan. 

Jika perancang produk atau layanan mampu menangkap peluang dan memanjakan pengguna, maka akan tercipta kepuasan emosional yang mengarah pada loyalitas dan delight. 

“Esensi dari Kansei yaitu menginterpretasikan apa yang sebenarnya diinginkan pengguna atau konsumen. Jadi jika pengguna atau konsumen meluapkan kesan positif atas tampilan serta manfaat sebuah produk, kemudian mereka tergerak untuk membeli maka Kansei telah berhasil dicapai,” papar profesor yang kini menjabat sebagai Dekan Fakultas Industri Kreatif (FIK) UBAYA. 

Profesor berusia 43 tahun tersebut menjelaskan, bahwa dalam beberapa kasus sangat sulit untuk memahami dan menafsirkan Kansei pelanggan karena faktor bahasa atau budaya yang berbeda (diverse cultural backgrounds).

Ia berharap, insinyur maupun desainer dapat terus melakukan update dan penyesuaian. Supaya nantinya produk atau layanan yang dihasilkan bisa sesuai dengan segala macam keterbatasan, kemampuan serta kapabilitas pengguna. Hal ini dikenal dengan sebutan fitting the jobs (including tasks and products) to the men. 

“Hasil penelitian bidang ini menjadi tantangan sekaligus kesempatan bagi insinyur atau desainer agar senantiasa menangkap, memahami, memenuhi dan memuaskan Kansei dengan segala macam dinamikanya,” ujar Prof. Markus. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut