get app
inews
Aa Read Next : Jalan Utama Surabaya Macet, Konvoi Peringatan Hari Buruh May Day

5 Destinasi Wisata Bersejarah di Kota Surabaya. Nomer 3 Jadi Saksi Perang 10 November

Sabtu, 04 Februari 2023 | 20:38 WIB
header img
Ikon Patung Surabaya. Foto : Okezone

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Kota Surabaya memiliki cerita sejarah terkait terjadinya Perang 10 November 1945, dimana Arek-arek Surabaya berjuang mati-matian hingga titik darah penghabisan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Kota pahlawan adalah julukan yang sangat cocok bagi kota Surabaya sebagai penghormatan atas peristiwa tersebut. 

Berikut 5 tempat bersejarah yang wajib untuk dikunjungi, jika berkunjung ke Kota Surabaya. 

1. Hotel Majapahit

Hotel Majapahit dulunya pernah memiliki nama Hotel Yamato. Peristiwa perobekan bendera Belanda terjadi di hotel ini. Hotel Majapahit hingga kini masih difungsikan sebagai hotel pada umumnya yang berlokasi di Jalan Tunjungan, Genteng, Surabaya. 

2. Tugu Pahlawan

Tugu pahlawan dibangun untuk menghormati para pahlawan yang gugur pada Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Arek- arek Surabaya bertempur melawan belanda dan rela mati untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Setiap hari pahlawan tepatnya 10 November, Tugu pahlawan menjadi tempat untuk mengenang jasa para pahlawan dan mengenang pertempuran 10 November 1945. Tugu pahlawan berada di Jalan pahlawan, Surabaya. 

3. Gedung Internatio

Gedung ini pernah dijadikan sebagai tempat Markas para Sekutu setelah berlabuh di Tanjung Perak. Pada tanggal 28-30 Oktober 1945, sekeliling gedung ini telah dikepung oleh para pejuang. Brigjen Mallaby tewas terbakar di dalam mobil. 

Gedung ini juga menjadi pemicu awal terjadinya pertempuran 10 November 1945 yang sesungguhnya. Gedung Internatio berada tidak jauh dari Jembatan Merah, Terletak pada jalan Jayengrono, Surabaya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut