get app
inews
Aa Read Next : Gerakan Dapur ABC Maste Rasa Persembahkan Kebaikan Ramadan di Surabaya

Jelang Ramadan, Simak Panduan Pengembangan Usaha Melalui Platform Meta

Senin, 06 Februari 2023 | 14:29 WIB
header img
Ilustrasi sosial media. Foto/MNC Media

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Ramadan memang bulan penuh berkah. Di momen ini, beragam peluang akan hadir untuk membantu komunitas dan pelaku usaha terhubung dengan hal-hal yang bermakna bagi mereka, serta mendapatkan inspirasi dari platform digital seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. 

Menjelang bulan Ramadan tahun ini, Meta, melalui studi yang dilakukan oleh YouGov, memberikan panduan bagi pelaku usaha guna menyusun langkah yang tepat dalam memaksimalkan potensi pengembangan usaha melalui platform Meta.

Country Director, Meta, Indonesia Pieter Lydian, mengatakan Ramadan menjadi momen yang tepat bagi orang-orang di Indonesia untuk saling terhubung dan berbagi inspirasi kebaikan melalui konten-konten yang tersaji di Facebook, Instagram, dan WhatsApp. 

"Kami di Meta percaya, hubungan yang hangat dan saling menginspirasi itu akan membuka berbagai peluang, khususnya bagi pelaku usaha, untuk menemukan cara-cara baru mengembangkan usaha mereka selama bulan Ramadan ini," katanya

"Kekuatan dari teknologi-teknologi Meta adalah menciptakan hubungan dan interaksi yang bermakna, yang pada akhirnya dapat membawa dampak bagi komunitas dan orang-orang yang kita cintai,” lanjut Pieter.

Panduan Ramadan 2023 dari Meta berfokus pada 4 hal yang seluruhnya bermuara pada konten yang menghubungkan orang-orang pada kehangatan Ramadan dan saling berbagi dan menemukan inspirasi di atas teknologi-teknologi Meta.

Ramadan adalah momen kebersamaan

Menurut survei, 94% konsumen di Indonesia pada bulan Ramadan senang melihat konten kebersamaan dan kehangatan di Facebook atau Instagram. Kemudian terdapat 13,4 juta interaksi yang menonjolkan kebersamaan dan silaturahmi di Instagram per bulan Mei 2022. 

Selain itu, 82% dari mereka yang disurvei ikut berpartisipasi dalam kegiatan amal selama bulan Ramadan dan Idul Fitri, di mana 7,8 juta interaksi yang menunjukkan kebaikan di Facebook per Mei 2022.

Ramadan adalah momen ketika pengalaman personal dapat mendorong bisnis

Di Indonesia, 4 dari 5 orang percaya bahwa merencanakan keuangan di bulan Ramadan dan Idul Fitri menjadi lebih penting, di mana 55% orang merencanakan belanja setidaknya 10 hari sebelum Ramadan dimulai. 

Selain itu, 71% konsumen mengeksplorasi kategori produk yang berbeda pada saat Ramadan dibandingkan sebelum Ramadan, yang mana Makanan dan Pakaian tetap menjadi kategori belanja paling populer. 

Studi ini juga melihat adanya tren pembelian paket berlibur yang meningkat dari tahun lalu. Paket berlibur ini merupakan kategori yang sudah terencana dan bahkan pembelian terjadi sebelum Ramadan dimulai, selain kategori lain seperti barang-barang bermerek dan barang-barang untuk ibadah. Dalam hal ini, Meta masih mendominasi sebagai platform online top of mind untuk penemuan barang.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut