get app
inews
Aa Read Next : Kisah Mesra di Hari Raya, Tim Prabowo Subianto dan Megawati Soekarnoputri Bertemu, Ini yang Dibicara

NU dan Kedekatan Keluarga Bung Karno, Ini Catatan dari Cucu Sang Proklamator RI

Rabu, 08 Februari 2023 | 13:16 WIB
header img
NU dan keluarga Presiden Soekarno memang memiliki kedekatan sejak zaman perjuangan. Foto iNewsSurabaya/ist

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id – Perayaan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) telah dilakukan di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Sebanyak satu juta jiwa mendatangi peringatan tersebut, termasuk keluarga Presiden RI pertama Soekarno.

NU dan keluarga Soekarno memang memiliki kedekatan sejak zaman perjuangan. Kemudian diteruskan dengan merumuskan landasan bangsa, mereka saling membantu dan melakukan diskusi untuk mencari jalan tengah landasan yang tepat untuk Indonesia. Bahkan, NU pernah memberikan penghargaan khusus pada Presiden RI pertama tersebut dengan sebutan Waliyul Amri Addharuri Bi As Syaukah. Gelar yang merupakan dukungan besar warga nahdliyin pada kepemimpinan Bung Karno yang disahkan dalam Muktamar Nahdlatul Ulama di Surabaya tahun 1954.

“Jadi sangat wajar kalau kami ikut mewujudkan cita-cita NU untuk peradaban dunia,” kata Cucu Soekarno, Puti Guntur Soekarno.

Puti datang dalam peringatan 1 Abad NU bersama Ketua UMUM PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Kedatangan Anggota DPR RI ini mencatat banyak kesamaan cita-cita NU dengan dirinya sebagai kader PDI Perjuangan.

Berikuti Enam Catatan Puti tentang 1 Abad NU :
1) NU sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia memiliki peran yang begitu penting, bukan hanya peran sebagai pendorong proses terwujudnya kemerdekaan bangsa Indonesia melainkan juga perannya membangun perdamaian kerukunan umat beragama yang menjadi identitas Ke Indonesiaan kita. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut