get app
inews
Aa Read Next : Direktur Utama PT Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024, Ini Catatan Menterengnya

Pemkot Malang Raih 2 Penghargaan Smart City

Jum'at, 24 Desember 2021 | 22:17 WIB
header img
Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berhasil meraih dua penghargaan tahuan 2021.

MALANG, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dari salah satu majalah IT di Jakarta, Selasa (21/12/2021). Dua penghargaan tersebut yakni Top Digital Implementation 2021 Level Stars 4 untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dan Top Leader on Digital Implementation 2021 untuk Wali Kota Malang, H Sutiaji.

Sutiaji, Wali Kota Malang mengatakan, dua penghargaan yang berhasil diraih merupakan wujud pembuktian bahwa Pemkot Malang selalu bekerja keras, cerdas dan ikhlas untuk melayani masyarakat Kota Malang. Seluruh pegawai Pemkot Malang juga bekerja keras untuk melayani masyarakat. Hal ini sesuai dengan prinsip yang diusung berkaitan dengan semangat Pemkot Malang dalam menerapkan konsep Malang Smart City. "Berbagai kemudahan layanan publik berbasis teknologi serta digitalisasi dihadirkan untuk meningkatkan pelayanan publik di Kota Malang," ujarnya. 

Orang nomor satu di Pemkot Malang ini menjelaskan, Kota Malang telah menjadi salah satu kota yang mendapat pendampingan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI tentang program konsep smart city atau kota cerdas 2021 bersama 47 kabupaten/kota di Indonesia. 

Dalam program smart city tersebut terdapat enam indikator, yakni smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart environment, dan smart society. "Maka selama 10 tahun ke depan atau hingga tahun 2031 berbagai inovasi terus kami diintensifkan. Tujuannya untuk membantu dan menyelesaikan berbagai permasalahan perkotaan," ujar Sutiaji. 

Berdasarkan program smart city yang diterapkan akan meningkatkan daya saing daerah dan meningkatkan kualitas dari berbagai layanan. Konsep Malang Smart City sendiri bukan hanya membuat masyarakat menjadi cerdas, lingkungan cerdas dan kehidupan cerdas dengan hadirnya teknologi. Nantinya dengan pengembangan smart city di Kota Malang diharapkan mampu memperbaharui segala hal tentang Kota Malang. Seperti ikon Kota Malang, potensi Kota Malang dan berbagai hal yang membangun Kota Malang.

“Tujuan program ini adalah adanya percepatan, ketepatan, dan transparansi. Kota Malang punya kekuatan yang hebat, seperti sumber daya manusia yang berkualitas. Sehingga bisa melahirkan berbagai startup sebagai pendorong ekonomi kreatif Kota Malang," ujar Sutiaji. 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto mengatakan, sebagai upaya mendorong percepatan Malang Smart City, pihaknya telah bekerjasama dengan berbagai pihak dalam membuat aplikasi untuk memudahkan masyarakat Kota Malang dalam mendapatkan pelayanan publik.

"Ada yang sudah berjalan sejak 2016, seperti SAMBAT Online yang memudahkan masyarakat untuk bertanya dan mengadukan persoalan pelayanan publik," ujarnya. 

Selain itu, yang terbaru pihaknya telah menyediakan website khusus pendaftaran online https://vaksinasi.malangkota.go.id/ untuk masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19  Kemudian, juga terdapat ratusan titik Closed Circuit Television (CCTV) Kota Malang http://cctv.malangkota.go.id/, Layanan Kedaruratan Ngalam 112, Aplikasi Job Fair Active, Aplikasi E-JKN CEKAT, aplikasi SURADI atau Surat Digital dan lain sebagainya.

"Semua ini untuk memudahkan warga Kota Malang. Soal penghargaan yang diterima ini adalah sebuah bonus dari kerja keras semua pihak. Kami mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Malang dan semua pihak yang telah membantu kemajuan kota kita tercinta," ujarnya.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut