get app
inews
Aa Read Next : Pemain Madura United Menggila di Liga 1 2023-2024, Shin Tae-yong Bisa Panggil Sosok Ini

Otak-Atik Peluang Timnas Indonesia Juara, Ini Prediksi Coach Aji Santoso

Jum'at, 31 Desember 2021 | 13:30 WIB
header img
Pelatih Kepala Persebaya, Aji Santoso memprediksi peluang juara Piala AFF bagi Timnas Indonesia masih ada.(Foto : iNewsSurabaya/ambar)

SURABAYA, iNews.id - Timnas Indonesia harus menjalani pertandingan hidup mati Leg 2 Piala AFF 2020. Banyak pihak memprediksi, Indonesia tidak akan menjadi juara karena sudah tertinggal 0-4 melawan Thailand Leg I kemarin.

Empat gol Thailand di cetak oleh Brace Chanathip Songkrasin di menit ke-2 dan menit ke-52, Supachok Sarachat menit ke-67, dan Gol penutup Bordin Phala di menit ke-83. Skor telak tersebut membuat pecinta sepak bola tanah air psimis Indonesia bisa membalikan keadaan, apalagi dilihat dari permainan Leg I, Thailand lebih unggul di segala lini, mulai bertahan hingga menyerang, bahkan saking pede-nya Thailand mengganti penjaga gawang ditengah pertandingan.

Di tengah sikap psimistis yang terbangun ditengah pecinta sepak bola tanah air, ada sedikit asa untuk bisa menjadi juara Piala AFF 2020. Namun butuh perjuangan panjang serta syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi juara.

Harapan ini muncul dari analisa yang diberikan Pelatih Kepala Persebaya, Aji Santoso. Legenda sepak bola Indonesia ini mengatakan, peluang juara Piala AFF masih ada, jika pertandingan Leg kedua ini mampu dimenangkan Indonesia. “Aturan baru di Piala AFF tidak ada gol tandang,” katanya.

Aji menegaskan, Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk menjadi juara walaupun itu kecil. Syarat mutlaknya, Timnas Indonesia harus bermain all out untuk meraih kemenangan di leg 2. Timnas Indonesia harus berani tampil menyerang.

"Artinya pertandingan Leg I agregat golnya tidak dihitung, Masih ada peluang untuk timnas Indonesia juara meskipun itu kecil, walaupun itu tidak mudah tetapi peluang juara masih terbuka," ungkap Aji meyakinkan.

"Yang terpenting, bagaimana Timnas Indonesia bisa menang di Leg 2, mau tidak mau Timnas Indonesia harus tampil menyerang, meskipun begitu harus memperhatikan pertahanan, jadi antara menyerang dan bertahan harus seimbang, kalau kemarin di Leg I Indonesia lebih banyak bertahan," imbuhnya.

Aji menuturkan, pertandingan Leg I saat Indonesia di kalahkan Thailand dengan skor telak 4-0 membuat mental turun. Namun, sebenarnya Timnas Indonesia diuntungkan dengan peraturan terbaru Piala AFF. “Shin Tae-yong dapat menemukan formula untuk meredam Thailand di leg 2. Kalau kita sebagai warga negara Indonesia yang tentunya memiliki ikatan emosional tentunya peluang juara masih besar. Tetapi melihat dari sisi teknis ada peluang tetapi kecil,” terang Aji yang di temui iNewsSurabaya.id di sebuah kedai di kawasan Surabaya.

"Kalau kita mau jujur dengan melihat kualitas permainan di Leg I peluang sangat kecil, akan tetapi kalau Coach Shin Tae-yong nanti bisa menemukan formula bagaimana untuk mengatasi lawan bukan tidak mungkin kita bisa Juara. Ada  peluang walaupun itu sangat kecil," ucapnya berkali-kali.

Perkiraan Susunan Pemain :

Indonesia : Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Risky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Evan Dimas Darmono, Witan Sulaiman, Ramai Rumankiek, Ezra Walian.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut