get app
inews
Aa Read Next : Gerakan Dapur ABC Maste Rasa Persembahkan Kebaikan Ramadan di Surabaya

Mengenal Tradisi Nyekar di Indonesia Jelang Idul Fitri yang Masih Melegenda

Jum'at, 21 April 2023 | 03:42 WIB
header img
Tradisi Nyekar di Indonesia Jelang Idul Fitri yang Masih Melegenda, banyak masyarakat yang melestarikan budaya ini. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Tradisi nyekar sudah dilakukan sejak dulu kala. Biasanya, tradisi ini yang dilakukan secara beramai-ramai terjadi menjelang Ramadan dan Idul Fitri

Fakta ini terlihat di Bangil, Pasuruan. Daerah yang kental dengan keislaman ini masyarakatnya sudah terbiasa dengan ziarah ke makam keluarga maupun sanak saudara. Namun tradisi ini juga bisa dijumpai di berbagai daerah di Indonesia.

"Saya setiap menjelang Ramadan dan Idul Fitri selalu nyekar. Saya ke makan untuk melepas kangen, dan mengingat tuhan," kata Selebram Surabaya, Ayu Bassetyo. 

Ayu mengaku, dirinya sering melakukan nyekar, namun tradisi yang tidak di lupakan adalah menjelang Ramadan dan Idul Fitri. "Kalau menjelang Idul Fitri, saya sering sekali," ungkapnya. 

Sementara itu, tradisi ziarah ke makam sendiri memiliki nama berbeda-beda di beberapa daerah. Namun, inti tradisinya serupa yakni berziarah ke makam keluarga maupun sanak saudara untuk mendoakan mendiang.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut