get app
inews
Aa Read Next : Danny Budiman Sabet Penghargaan Pengusaha Muda Inovatif, Satu Panggung dengan Tokoh Nasional

Ini Cara Aries Agung Paewai Tingkatkan Pendapatan Kota Batu 

Sabtu, 29 April 2023 | 17:25 WIB
header img
Aries Agung Paewai mengemban tugas sebagai Pj Wali Kota Batu. Foto: MPI/Lukman

Dalam 100 hari kepemipinannya, Aries berhasil menurunkan angka stunting yang cukup signifikan dan menargetkan angka stunting menurun hingga 10,8% sampai akhir Tahun 2023.

Berbagai program nyata dilakukan, yaitu program bapak/bunda asuh anak stunting, optimalisasi kinerja tim percepatan penurunan stunting di level kota, kecamatan dan desa/kelurahan, intervensi gizi oleh 24 desa/kelurahan menggunakan APBDes dan Dana Kelurahan melalui pos gizi stunting (Pozting), serta optimalisasi intervensi sensitif dan primer pada masa 1000 hari kehidupan.

Demikian pula dengan program pengendalian inflasi, tercatat hingga menjelang Idul Fitri, harga dan stok kebutuhan bahan pokok aman dan terkendali. 

Keberhasilan ini merupakan prestasi tersendiri, dan merupakan hasil nyata dari 7 langkah terpadu yang dilakukan Pemerintah Kota Batu dibawah kepemimpinan Aries Agung Paewai, dalam pengendalian inflasi.

Terkait kemiskinan, Kota Batu hingga akhir 2022, menduduki peringkat terendah di Jawa Timur angka penduduk miskin yaitu 3,79%. 

Untuk melakukan percepatan penurunan angka kemiskinan ekstrim, Aries Agung Paewai menetapkan 5 langkah utama yang harus dilakukan yaitu, program pendataan penduduk miskin ekstrem terintegrasi, pemenuhan kebutuhan dasar, pengurangan beban biaya hidup, peningkatan kapasitas ekonomi keluarga miskin dan penguatan sistem proteksi dan peningkatan akses sumber daya perekonomian. 

Pj Wali Kota Batu juga melakukan penguatan internal Pemerintah Kota Batu, terutama dalam membangun pola kerja kolaborasi dan langsung bergerak membenahi berbagai permasalahan pembangunan, melalui penguatan inisiatif, kolaborasi dan inovasi dalam rangka perbaikan infrastruktur, peningkatan pelayanan publik dan optimalisasi kinerja birokrasi.

Aries memprioritaskan peningkatan pelayanan infrastruktur jalan dan pemukiman dilakukan dengan cepat, terutama yang menjadi keluhan masyarakat melalui Tim Gerak Cepat Perbaikan dan Pemeliharaan Jalan dan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana dalam mengatasi bencana.

Di bidang pelayanan masyarakat, dengan diresmikannya Mal Pelayanan Publik (MPP), Aries menambahkan pelayanan eksternal antara lain  pelayanan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, BPN, Kejaksaan Negeri Batu, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, BNN hingga Polres Batu.

Di sisi optimalisasi kinerja birokrasi, Pj Wali Kota Batu melakukan berbagai upaya mendorong birokrasi sebagai mesin pemerintahan berjalan lebih cepat dan tepat melalui inovasi daerah dengan meluncurkan Gerakan Satu Instansi Satu Inovasi.

Meluncurkan Gerakan Jumat Sehat dan Berangkat Kerja Tanpa Kendaraan Bermotor, One Day Tax Payment untuk mendorong peningkatan pajak daerah.

Meskipun masih 100 hari kepemimpinannya, Aries terus berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dan inovasi.


Ia berharap apa yang telah dilaksanakan dapat memberikan manfaat yang sebesar besarnya untuk masyarakat.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut