get app
inews
Aa Read Next : Danny Budiman Sabet Penghargaan Pengusaha Muda Inovatif, Satu Panggung dengan Tokoh Nasional

Ini Cara Aries Agung Paewai Tingkatkan Pendapatan Kota Batu 

Sabtu, 29 April 2023 | 17:25 WIB
header img
Aries Agung Paewai mengemban tugas sebagai Pj Wali Kota Batu. Foto: MPI/Lukman

Perubahan cukup berani dilakukan Aries terkait pengelolaan sampah dan kebersihan. Salah satunya ialah perubahan jadwal pengangkutan sampah yang semula dilakukan pukul 06.00 - 13.00, diubah menjadi pukul 00.00 - 06.00 WIB. Sehingga, pada pukul 06.00 tidak ada lagi sampah berserakan di bahu jalan.

"Dengan perubahan jadwal ini pula, Kota Batu dipastikan sudah bersih dari sampah sebelum masyarakat beraktifitas atau wisatawan berdatangan ke Kota Batu," tegas Aries.

Selama 100 hari berjalan, tak kurang dari 50 masjid telah dikunjungi Aries. Hal tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat sebagai upaya pendekatan yang efektif untuk mendengar masukan langsung dari warga.

"Bahkan saat berdialog dengan warga kadang mereka tidak tahu kalau bertemu Pj Wali Kota. Karena selain waktu keliling yang tidak biasa, saya juga tidak memakai patwal. Jadi seperti mampir salat subuh," tutur Aries.

Upaya meningkatkan kebersihan juga diikuti dengan penataan parkir di pusat kota, khususnya di Alun-alun Kota Batu. Penataan parkir ini bersifat sementara agar pengunjung dapat lebih nyaman.

Selama ini, lokasi parkir di sekitar alun-alun penuh kendaraan karena tidak ada batasan kapasitas. Dampaknya, parkir yang memakan badan jalan menyulitkan masyarakat untuk bisa lebih nyaman di area alun-alun. Maka ada pembatasan parkir yang tidak melebih kapasitas yang ada.

"Kita sedang mengkaji relokasi parkir di sekitar Alun-alun agar lebih layak. Karena lahan parkir saat ini pada dasarnya bukan tempat parkir tetapi jalan umum," jelas Aries.

Evaluasi penataan parkir ini selain untuk menjaga keindahan kota, juga diharapkan berdampak pada peningkatan pendapatan Kota Batu. Hal ini dilakukan dengan mengoptimalkan retribusi parkir yang memiliki potensi besar namun kerap mengalami kebocoran karena oknum petugas yang curang.

"Bagi kota wisata, retribusi parkir sesungguhnya memiliki potensi yang besar. Karena itu, dengan meminimalisir kecurangan oknum petugas parkir kita targetkan pendapatan retribusi parkir itu meningkat," tutur dia.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut