get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Hardiknas 2023, Khusnul Khotimah: Wujudkan Merdeka Belajar dan Tri Pusat Pendidikan

Rabu, 03 Mei 2023 | 11:01 WIB
header img
Hardiknas 2023, inilah catatan Khusnul Khotimah untuk ujudkan Merdeka Belajar dan Tri Pusat Pendidikan. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap 2 Mei memiliki arti yang mendalam bagi pendidikan Indonesia. Hardiknas bukan sekadar peringatan seremonial tahunan, tapi lebih dari itu. Sebagai cambuk mewujudkan Merdeka Belajar dan Tri Pusat Pendidikan yang telah digagas Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara.

Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Khusnul Khotimah, memiliki sejumlah catatan dalam momen Hardiknas 2023. Diantaranya; gerakan Merdeka Belajar yang dicetuskan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim merupakan sebuah gebrakan yang luar biasa, bergeser pada pakem pendidikan formalitas yang sebelumnya dilaksanakan.

Menurut Khusnul, Merdeka Belajar mampu menciptakan kemerdekaan berkreatifitas guru dan siswa. Hal ini sejalan dengan semangat Ki Hajar Dewantara yaitu memerdekakan manusia khususnya dalam hal pendidikan.

"Namun Merdeka Belajar ini perlu mendapat dukungam banyak pihak. Selaras dengan tema Hardinas 2023 yakni 'Bergerak Bersama, Semarakkan Merdeka Belajar'. Dari tema ini bisa diambil kesimpulan jika Merdeka Belajar tidak bisa dilakukan guru dan siswa, tapi juga lingkungan, orang tua dan lembaga pendidikan," kata Khusnul.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut