get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

SMP Al-Azhar Surabaya Raih Juara Lomba LPPS Surabaya

Kamis, 11 Mei 2023 | 10:16 WIB
header img
Siswi SMP Al-Azhar Surabaya meraih prestasi membanggakan. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Siswa-siswi SMP Islam Al Azhar 13 Surabaya kembali mendapatkan prestasi di bidang karya ilmiah. Kali ini datang dari dua orang siswi bernama Adhara dan Naomi. Kedua siswi tersebut mendapatkan juara 1 bidang fisika dalam pagelaran Lomba Peneliti Pelajar Surabaya (LPPS) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Adhara dan Naomi mendapatkan juara 1 setelah mereka membuat invensi tentang lampu pintar untuk belajar. Mereka menerangkan bahwa invensi yang mereka kembangkan baru pada tahap prototype ke-2.

 "Awalnya kami berharap alat yang kami kembangkan dapat mengusir rasa ngantuk saat seseorang sedang belajar, namun setelah mengikuti beberapa pameran dan mendapat masukan dari beberapa pihak akhirnya kami ubah orientasinya. Jadi saat seseorang sedang mengantuk ketika belajar, sensor detak jantung akan mendeteksi lalu kemudian pada lampu tersebut akan muncul pop up dimana seseorang dapat melanjutkan belajar atau break terlebih dahulu." Tutur mereka. Mereka juga menambahkan bahwa kedepan alat yang mereka buat akan terus dikembangkan, di Surabaya, Rabu(10/5/2023). 

LPPS sendiri merupakan kegiatan tahunan, LPPS tahun ini dilaksanakan pada tanggal 2 - 6 Mei 2023 di dua tempat, yaitu Balai Pemuda Surabaya dan SMP Negeri 12 Surabaya. “LPPS tahun ini menurut saya cukup berat persaingannya, karena jumlah pesertanya jauh lebih banyak dari pada tahun sebelumnya” ungkap Ali. Guru pengajar IPA dan Karya Ilmiah tersebut menambahkan bahwa pada tahun ini ada sekitar 400 tim yang bersaing dalam kompetisi tersebut. “Tahun ini ada sekitar 463 judul penelitian yang semuanya bagus-bagus” tuturnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut