Logo Network
Network

Pentingnya Peran SNSU BSN Dalam Mendukung Sistem Pangan Global

Ali
.
Jum'at, 19 Mei 2023 | 18:00 WIB
Pentingnya Peran SNSU BSN Dalam Mendukung Sistem Pangan Global
SNSU BSN memiliki 6 laboratorium lain yang menyediakan ketertelusuran pengukuran melalui layanan kalibrasi. Foto/BSN

JAKARTA, iNewsSurabaya.id -  Peran Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) di era globalisasi dan perdagangan internasional sangat penting. Karena menentukan standar yang harmonis dan diakui secara internasional, dan memastikan produk yang diekspor dan diimpor memenuhi persyaratan yang sama di seluruh dunia.

Selain itu, BSN melalui Deputi Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) berperan penting dalam memastikan bahwa kegiatan pengukuran yang dilakukan di Indonesia tertelusur ke Sistem Satuan Internasional (SI).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad dalam menyambut peringatan Hari Metrologi Dunia.

Ia mengatalan, SNSU BSN bertujuan untuk mengelola standar ukuran dan memastikan pengukuran yang dilakukan di Indonesia tertelusur ke SI.

"Sejalan dengan tema Hari Metrologi Dunia tahun ini, perlu kita ketahui bahwa metrologi yang terkait dengan pangan bukan hanya untuk besaran fisika, namun juga kimia dan biologi," terangnya.

Kuantitas pangan biasanya diukur berdasarkan massa atau volume, sedangkan kualitas pangan biasanya diukur berdasarkan komposisi kimia dan biologi.

"Yang tidak kalah pentingnya adalah suhu dan kelembapan pada saat penyimpanan dan distribusi. Semuanya ini memerlukan berbagai alat ukur dan teknik pengukuran," ujar Kukuh di Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Setiap tanggal 20 Mei, seluruh dunia memperingati Hari Metrologi Dunia, yang ditandai dengan penandatanganan Konvensi Meter pada tanggal 20 Mei 1875 oleh perwakilan dari tujuh belas negara. Konvensi tersebut menetapkan kerangka kerja global dalam ilmu pengukuran dan aplikasinya di dunia industri, komersial, dan sosial.

Tema Hari Metrologi Dunia tahun 2023 , Pengukuran Mendukung Sistem Pangan Global, juga menjadi fokus layanan SNSU BSN.

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini