get app
inews
Aa Read Next : KKP Genjot Investasi Sektor Perikanan Tuna, Potensi di Jawa Timur Sangat Besar!

Warga Surabaya Tertib Administrasi Kependudukan, Ini Pernyataan Pemkot

Sabtu, 20 Mei 2023 | 09:20 WIB
header img
Saat ini Warga Surabaya menunjukan Tertib Administrasi Kependudukan di semua wilayah. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kesadaran warga Kota Surabaya untuk tertib administrasi kependudukan (Adminduk) tinggi. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mencatat masyarakat Kota Pahlawan telah disiplin dalam melaporkan data kependudukan.

Terbukti, kesadaran masyarakat semakin tertib dalam mengurus administrasi kependudukan (adminduk).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Surabaya, Agus Iman Sonhaji menyampaikan bahwa ada peningkatan kesadaran warga Surabaya tertib adminduk. Hal ini diukur dari aktivitas warga Surabaya dalam mengajukan permohonan kependudukan.  Seperti, perpindahan alamat, penambahan gelar, permohonan akta kelahiran, akta kematian, dan lain sebagainya.

“Ada 24 jenis layanan adminduk yang dimanfaatkan warga Surabaya. Sehari tidak kurang dari 3.000 warga yang mengajukan data kependudukan, bahkan kalau hari tertentu bisa mencapai 4.000 pemohon yang mengajukan. Tentunya ini ada peningkatan kesadaran penduduk dari 3-4 tahun sebelumnya,” kata Agus, Jumat (19/5/2023).

Agus menjelaskan, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, Disdukcapil Surabaya ikut mengimbangi hal tersebut melalui berbagai layanan dengan sistem digital. Tak hanya itu, Disdukcapil Surabaya juga terus mengunggah berbagai layanan informasi kependudukan yang bisa diakses oleh masyarakat melalui akun YouTube Swargaloka. 

“Saat pandemi COVID-19 tahun 2020, kami membuat sistem layanan digital yang memudahkan masyarakat, karena banyak masyarakat yang mengajukan permohonan. Mungkin terdapat mekanisme yang diminta pemerintah pusat  dalam mengurus bantuan dan lainnya,” jelasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut