get app
inews
Aa Read Next : PT PAL Indonesia Luncurkan Pembangkit Listrik Terapung Berkapasitas 60 MW

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Dukung PAL Kuasai Teknologi Pertahanan Matra Laut

Jum'at, 07 Januari 2022 | 16:54 WIB
header img
Audiensi antara BoD serta Sekretaris Perusahaan PT PAL Indonesia (Persero) bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) di Markas Besar Angkatan Laut (MABESAL). (Foto: Dok Dispenal)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono, mendukung penuh PT PAL Indonesia (Persero) dalam mengimplementasikan kemandirian industri pertahanan matra laut. 

Dukungan tersebut ia ungkapkan dalam audiensi antara BoD serta Sekretaris Perusahaan PT PAL Indonesia (Persero) bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) di Markas Besar Angkatan Laut (MABESAL). 

Dalam pertemuan tersebut, dibahas beberapa poin penting dan strategis yang merujuk pada dukungan penuh dari Laksamana TNI Yudo Margono selaku KASAL untuk PAL dalam mewujudkan kemandirian alutsista nasional.

Menurut KASAL, PAL sebagai industri pertahanan, dapat menjadi kunci dalam mencapai tujuan pembangunan industri pertahanan. 

"Semangat kemandirian yang menonjol, diawali dengan penguasaan teknologi dalam industri pertahanan, dalam hal ini adalah PAL selaku galangan kapal nasional termodern dengan kapabilitas rancang bangun kapal yang proven," tegasnya.

Ke depan, diharapkan PAL mampu menjadi pusat penguasaan teknologi dibidang matra laut. Sebagaimana telah dicanangkan oleh BJ Habibie sejak 1980-an, melalui strategi progressive manufacturing process telah berhasil membangun pondasi industri nasional yang kokoh. 

PAL telah mencapai tahap penguasaan teknologi kapal yang maju, utamanya pengalaman PAL dalam membangun kapal niaga dan kapal perang

KASAL juga berharap, PAL dapat menjaga bahkan terus meningkatkan mutu dan kualitas produknya. “Jika industri pertahanan kuat, maka pertahanan nasional juga akan kuat,” tutur Yudo Margono.

Investasi maritim dalam bentuk armada pelayaran merupakan investasi jangka panjang. Sehingga dibutuhkan wawasan jangka panjang untuk konsisten membangun sektor maritim. Menjawab dukungan strategis tersebut.

CEO PT PAL, Kaharuddin Djenod menyampaikan, bahwa PT PAL siap untuk terus memberikan yang terbaik melalui produk unggulan serta pelayanannya. 

PAL akan melakukan peningkatan kapabilitas SDM dan kapasitas produksi untuk menuju penguasaan teknologi pertahanan matra laut, agar tepat mutu dan tepat waktu. 

"Berjalan beriringan, PAL akan menjadi pendukung utama TNI AL untuk kejayaan Nasional” pungkasnya. Kepentingan maritim dibuktikan melalui kehadiran armada kapal laut secara aktif dan efektif di perairan Indonesia.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut