get app
inews
Aa Read Next : Heppiii Community Kediri Gelar Ramadhan dengan Aksi Nyata dan Kreatif

Hijaukan Lingkungan, Pemdes Gedangsewu Gandeng Penggiat Lingkungan Edukasi Sumber Air

Senin, 10 Januari 2022 | 09:13 WIB
header img
Pemerintahan Desa Gedang Sewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri menggandeng Aliansi Peduli lingkungan guna melakukan penghijauan di sumber air Wungu

KEDIRI, iNews.id - Pemerintahan Desa Gedang Sewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri menggandeng Aliansi Peduli lingkungan guna melakukan penghijauan di sumber air Wungu dan sepanjang bantaran Kali Bening di wilayahnya. Kegiatan penghijauan dan edukasi peduli lingkungan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat Desa Gedangsewu khususnya untuk peduli dan merawat sumber mata air di lingkungannya menjadi wisata lokal.

Para relawan yang tergabung dalam aliansi peduli lingkungan ditengah kesibukannya menanam bibit pohon, juga memberikan edukasi kepada warga sekitar dan anak-anak akan pentingnya menjaga alam. 

dr. Ari Purnomo Adi, Ketua Aliansi Peduli Lingkungan mengatakan, bahwa pentingnya menjaga sumber mata air. Karenanya kita tanami bibit pohon guna menjaga kelestarian mata air dari kekeringan. "Salah satunya seperti hari ini kita lakukan bersama warga desa Gedangsewu dengan menanam pohon," ujar dr Ari Purnomo Adi.

Ari Purnomo juga menambahkan, kami juga memberkan contoh bagaimana menanam bibit pohon yang benar, serta memberkan wawasan kepada anak-anak cara membersihkan sampah di bibir sungai. "Ada sekitar 300 bibit pohon hari ini yang akan kami tanam di sini," tuturnya.

Menurut Ari, dengan adanya pohon di sekitar sumber mata air, maka tak akan ada kekeringan. Selain itu cadangan oksigen di wilayah tersebut juga semakin banyak. "Semoga gerakan ini bisa ditiru oleh masyarakat Kabupaten Kediri," ucapnya.

Sementara Kepala Desa Gedangsewu Ruslan Abdul Gani menambahkan, pihaknya sengaja menggandeng relawan peduli lingkungan guna  memberikan wawasan kepada masyarakat terkait tata cara penanaman bibit penghijauan serta permohonan bantuan bibit tanaman."Yang kita tanam hari ini, 25 tahun kedepan anak cucu kita yang akan merasakan," ujar Kades Gedangsewu.

"Saya berharap, penghijauan hari ini bisa bermanfaat dikemudian hari bagi warga desa Gedangsewu, sebagai  wujud nyata kita menjaga alam,"imbuhnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut