get app
inews
Aa Read Next : Aplikasi Ojol Karya Anak Bangsa Viuit Ganti Nama Jadi ACI

Pembunuh Driver Taksi Online Ketangkap, Berikut Tips Aman dari Tindakan Kriminalitas

Rabu, 07 Juni 2023 | 20:31 WIB
header img
Daniel Lukas Rorong, Humas Frontal Jawa Timur. Foto/Istimewa

Menurut Daniel Lukas Rorong, Humas PDOI Jatim, akun penumpang ini tergolong akun yang baru dibuat.

"Jadi kami menduga, sepertinya ini pembunuhan berencana. Tapi untuk kronologi dan motif pelakunya akan dirilis oleh pihak kepolisian dalam waktu dekat," ujar Daniel.

Ditambahkan Daniel, untuk mengantisipasi kejadian serupa tidak terulang kembali ke depannya, ada tips aman yang dibagikan untuk rekan-rekan driver online, baik itu ojek online (ojol) dan taksi online (taksol).

Pertama, jika mendapatkan orderan dari penumpang, coba di cek status riwayatnya, apa tergolong akun baru atau tidak. Biasanya tertulis Belum Cukup Rating untuk akun baru.

Kedua, pastikan identitas penumpang sama. Misal, jika nama penumpang yang tercantum di orderan perempuan, tapi yang naik ternyata laki-laki, patut diwaspadai. Terlebih jika nama penumpangnya tidak pada umumnya atau nama singkatan.

Ketiga, jika sudah sampai tahap ini, jangan lupa mengajak penumpang untuk foto bersama dan ambil video, terlebih jika penumpangnya lebih dari satu orang.

Keempat, lalu video call pada pihak keluarga di rumah dan rekan driver online yang dikenal di komunitas driver online yang diikuti untuk laporan. Sampaikan mau mengantarkan penumpang sembari berkata bahwa foto dan video bersama penumpang sudah dikirimkan melalui WhatsApp, termasuk screenshot orderannya.

Kelima, jika orderannya mengarah ke daerah sepi atau rawan apalagi malam hari, manfaatkan fasilitas share location minimal delapan jam. Kirimkan pada pihak keluarga atau komunitas driver online yang diikuti, untuk bisa dipantau selama perjalanan. Syukur-syukur, dipasangi GPS pada unit kendaraan yang dimiliki.

Keenam, tolak dan hindari tawaran dari penumpang untuk orderan secara offline, dalam artian membatalkan pesanan melalui aplikasi. Apalagi dengan iming-iming akan dapat ongkos tambahan lebih dari biaya melalui aplikasi.

"Jika tips aman ini diterapkan oleh rekan-rekan driver online, maka penumpang yang awalnya mempunyai rencana tidak baik akan membatalkan niatnya tersebut. Memang agak ribet, tapi paling tidak bisa meminimalisir terjadinya tindakan kriminalitas dari oknum penumpang," tegas Daniel.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut