get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

El Nino Bakal Serang Indonesia, Ini Pesan BMKG untuk Warga Jawa Timur

Kamis, 08 Juni 2023 | 08:06 WIB
header img
Fenomena El Nino diprediksi bakal menyerang Indonesia terutama wilayah Sumatera, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, NTB, NTT, sebagian Kalimantan, dan sebagian Sulawesi. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id -  Fenomena El Nino diprediksi bakal menyerang Indonesia terutama wilayah Sumatera, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, NTB, NTT, sebagian Kalimantan, dan sebagian Sulawesi. Warga diminta untuk berhati-hati dan bijak dalam penggunaan air.

Kepala BMKG mengatakan, fenomena El Nino dan IOD Positif (Indan Ocean Dipole Positive) di Indonesia tahun 2023 terjadi sejak bulan Maret yaitu sebesar 50% hingga pada bulan Juni dengan peluang terjadi hingga 80%.

Menurutnya, El Nino terjadi karena adanya propagasi atau aliran massa udara basah, sehingga uap air dari Indonesia melalui udara menuju ke Samudera Pasifik. Kondisi ini menyebabkan kekeringan serta curah hujan rendah, begitu pula dengan fenomena IOD Positif (Indian Ocean Dipole Positive) kondisi keduanya dapat menyebabkan dampak yang lebih kuat atau signifikan. 

“Masyarakat harus waspada terhadap dampak dari fenomena El Nino dan IOD Positif (Indian Ocean Dipole Positive),” katanya. 

“Persentase curah hujan mulai bulan Agustus – Oktober 2023 diprediksi berada pada kategori di bawah normal (< 20 mm/bulan) terutama wilayah Sumatera, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, NTB, NTT, sebagian Kalimantan, dan sebagian Sulawesi,” tutur Kepala BMKG yang akrab disapa Bu Rita dalam Konferensi Pers tersebut.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut