get app
inews
Aa Read Next : Cerita Pandu Wiguno, Mahasiswa Petra Christian University yang Mengabdi dari Lombok hingga Papua

2.500 Guru Siap Jadi Pengajar Online di 2022

Senin, 10 Januari 2022 | 12:46 WIB
header img
Sebanyak 2.500 guru siap mengajar secara online di tahun 2022. (Foto: Dok Cakap)

SURABAYA, iNews.id - Sebanyak 2.500 guru siap mengajar secara online di tahun 2022. Kesiapan itu diperkuat dengan kian meningkatnya kompetensi dan keahlian dalam metode pengajaran online.

CEO dan Co-Founder Cakap, Tomy Yunus, mengatakan pada awal tahun ini, pihaknya berhasil mencetak dan memberdayakan pengajar online melalui program Cakap Teacher Academy.

Cakap Teacher Academy merupakan inisiatif untuk memberdayakan pengajar di Indonesia melalui peningkatan kompetensi mengajar online. 

"Kami bangga melihat keberhasilan para pengajar ini yang telah melewati program pelatihan. Melalui program bersertifikasi dari Cakap Teacher Academy, kami harap program ini bermanfaat bagi para pengajar untuk memberikan pengajaran online yang lebih berkualitas serta efektif kepada anak didiknya," terangnya.

Kelulusan batch 1 dan 2 ini, lanjut Tomy, merupakan langkah pertama menuju Indonesia lebih kompeten. Langkah ini diharapkan semakin banyak pengajar yang percaya pada pelatihan Cakap Teacher Academy. 

"Sebagai perusahaan edutech, Cakap akan senantiasa untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia secara menyeluruh. Baik dari sisi murid yang bergabung dalam kelas kami, serta guru yang tergabung dalam ekosistem pengajar Cakap," tegasnya.

Cakap merupakan perusahaan edutek satu-satunya yang membawa program bersertifikasi BNSP melalui Cakap Teacher Academy. Program ini juga menjadi program pertama yang memiliki dua kombinasi kompetensi yang menggabungkan teknik mengajar komunikatif secara online dan pemanfaatan teknologi untuk membuat pengajar melek pada dunia digital. 

Cakap sebelumnya sudah memberdayakan lebih dari 1000 guru lokal serta global siap untuk memperkuat deretan guru di Indonesia.

Subkoor Pokja Transformasi Pembelajaran Direktorat Guru Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nita Isaeni, menuturkan bahwa transformasi pendidikan menjadi salah satu misi utama pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Untuk itu, pihaknya mendukung inisiatif Cakap yang turut memberdayakan guru agar dapat memiliki kompetensi mengajar online. Kata dia, tenaga pengajar online akan sangat dibutuhkan seiring dengan perluasan akses pendidikan yang merata di Indonesia. 

"Kami harap kebermanfaatan program ini dapat terus meluas bagi semua tenaga guru dan pengajar di seluruh wilayah Indonesia," tuturnya.

Senior Education Manager Cakap, Yoshua Yanottama, menjelaskan saat ini Cakap Teacher Academy fokus pada pengajaran Bahasa Inggris. Namun Cakap juga berencana untuk mengembangkan pelatihan mengajar pada berbagai topik pembelajaran lainnya di masa depan. 

Kurikulum yang dibuat pada program ini telah melewati berbagai macam fase dan tahapan, sehingga siap untuk memberikan ilmu dan ajaran baru untuk terus mengembangkan sumber daya pengajar di Indonesia. 

"Pelatihan di Cakap Teacher Academy menggunakan interactive self-paced learning, dimana para peserta dapat mengatur jadwal pembelajarannya sendiri," kata dia.

Berdasarkan statistik dari laporan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun ajaran 2019/2020, jumlah guru di Indonesia mencapai 2,698,103 orang. 

Pada situasi pandemi dimana banyak yang berpindah menuju arah digital, dengan adanya Cakap Teacher Academy, Cakap berharap pengajar Indonesia semakin siap untuk mengajar tidak hanya secara offline namun juga secara online.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut