get app
inews
Aa Read Next : IIFEX Surabaya Resmi Dibuka, Simak Berbagai Acara Menarik Selama Pameran Berlangsung

Pameran Indonesia International Food Exhibition 2023 Jadi Magnet Pelaku Bisnis dan Masyarakat Umum

Kamis, 15 Juni 2023 | 13:57 WIB
header img
Opening Ceremony International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023), di Grand City Mall, Surabaya, Kamis (15/6/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pameran Indonesia International Food Exhibition (IIFEX 2023) yang diselenggarakan Krista Exhibitions jadi magnet para pengusaha lokal. Ribuan pelaku bisnis dan masyarakat umum begitu antusias menyambut pameran tersebut. Mereka rela antri di loket registrasi untuk masuk area pameran.

Pameran ini berlangsung dari hari Kamis, 15 Juni  sampai dengan Minggu, 18 Juni 2023 di Grand City, Kota Surabaya. 

Indonesia International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023) merupakan pameran makanan dan minuman berskala Internasional. Kali ini Krista Exhibitions menghadirkan 250 perusahaan pelaku usaha dari industri makanan dan minuman, serta 30 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

IIFEX 2023 di kota pahlawan ini tidak hanya diikuti dari Indonesia, melainkan dari 7 negara yaitu Malaysia, Korea, China, Jepang, Singapore, Italia dan Taiwan. 

Indonesia International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023) digelar bersamaan dengan Pameran Indonesia Licensing Expo 2023 dan EastPack Surabaya 2023 selama empat hari ke depan.


CEO PT. Kristamedia Pratama, Daud D Salim dan Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), Susanty Widjaya mengunjungi stand pameran. Foto/Ali Masduki

 

Chief Executive Officer (CEO) PT. Kristamedia Pratama, Daud D Salim mengatakan pameran Eastfood Indonesia kini menjadi Pameran Indonesia International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023).

Menurutnya, pameran ini tepat untuk dihadiri oleh para pelaku bisnis di industri makanan dan minuman, karena teknologi dan sains di industri ini sangat cepat berkembang. Apalagi Indonesia punya pasar yang sangat besar. Terbukti, tahun ini pesertanya meningkat dibandingkan tahun lalu.

"Krista Exhibitions optimis mencatat peningkatan sebesar 35% peserta pameran dibandingkan penyelenggaraan 2022 lalu. Sehingga pastinya melalui pameran ini para exhibitors dapat meningkatkan bisnis mereka hingga go Internasional," terangnya usai Opening Ceremony International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023), Kamis (15/6/2023).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Iwan berharap IIFEX 2023 dapat mendorong pertumbuhan UMKM di Jatim. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur, Iwan menjelaskan bahwa IIFEX 2023 ini selaras dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Ia mengapresiasi terselenggaranya pameran tersebut.


Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Iwan, berjabat tangan dengan CEO PT. Kristamedia Pratama, Daud D Salim, saat Opening Ceremony International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

 

Kata Iwan, Pemprov Jatim sendiri saat ini terus memberikan fasilitas terhadap pertumbuhan UMKM. Antara lain dengan aksi misi dagang di mana saat ini sudah menggandeng 150 pelaku UMKM mengikuti acara ini di 33 provinsi. 

Tahun 2023 ini ada enam negara yang dikunjungi oleh Gubernur Jatim Khofifah dalam rangka penguatan produk Jatim untuk go global. 

Pemerintah juga memiliki tantangan pengadaan bahan, pengolahan dan standarisasi dalam pendampingan bagi UMKM. Maka, IIFEX 2023 diharapkan menjadi referensi dalam menghadapi tantangan ke depan. Melalui acara ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM di Jatim. 

"Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi di Jatim sangat progresif. Di tahun 2022 berada di angka 5,34 persen. Ini tentunya pertumbuhan di atas rata-rata nasional," kata Iwan. 

Dia menyebut, pada Triwulan I 2023 ekonomi Jatim tumbuh progresif di angka 4,95 persen. "Ini adalah pertumbuhan ekonomi yang luar biasa harapan yang luar biasa untuk kita para pelaku usaha," ujarnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut