get app
inews
Aa Read Next : Pencuri Penambat Rel Kereta Api Ditangkap Saat Beraksi di Beji Pasuruan

Jelang Masa Libur Sekolah dan Idul Adha 2023 Pelanggan KA Keberangkatan Daop 8 Meningkat

Jum'at, 23 Juni 2023 | 13:40 WIB
header img
Pada masa libur ini penumpang yang berangkat dari wilayah Daop 8 mengalami kenaikan bila dibanding dengan hari biasa. Foto/Daop 8 Surabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pada masa libur sekolah kenaikan kelas dan juga masa libur bersama Hari Raya Idul Adha Tahun 2023, KAI Daop 8 Surabaya siap mengakomodir kebutuhan pelanggan dengan mengoperasikan 42 Kereta Api jarak jauh.

Jumlah tersebut terdiri dari 17 keberangkatan KA jarak jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng, 14 keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasarturi, dan 11 keberangkatan dari Stasiun Malang.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan bahwa pada masa libur ini penumpang yang berangkat dari wilayah Daop 8  mengalami kenaikan bila dibanding dengan hari biasa.

Berdasarkan data pada Kamis, 22 Juni 2023 tercatat 14.680 penumpang dan Jumat, 23 Juni 2023 tercatat 16.758 penumpang KA jarak jauh yang berangkat dari wilayah Daop 8, meningkat bila dibanding dengan hari biasa di luar hari libur sekolah yang berkisar sekitar 12 Ribuan.

Luqman Arif menambahkan, mayoritas pelanggan menggunakan KA dengan tujuan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Banyuwangi.

"Pelanggan terbanyak diantaranya KA Sritanjung, Airlangga, Sancaka, Ranggajati, dan lainnya," tambahnya.

Berkaitan dengan persyaratan perjalanan KA, KAI Daop 8 Surabaya memberlakukan syarat perjalanan baru naik Kereta Api berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia nomor 17 tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang Dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Sesuai Surat Edaran tersebut seluruh pengguna kereta api di Wilayah 8 Surabaya dianjurkan tetap melakukan vaksinasi Covid-19.

Saat berada di Stasiun ataupun di kereta, pengguna diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19.

Namun KAI Daop 8 Surabaya tetap mengimbau agar seluruh pengguna untuk tetap memakai masker demi kesehatan bersama terlebih bila pengguna dalam keadaan tidak sehat.

Pelanggan yang akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access, website kai, atau chanel penjualan tiket yang bekerja sama dengan KAI mulai H-45 sebelum keberangkatan KA.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut