get app
inews
Aa Read Next : Goodbye Batu Bara, Pabrik Pupuk di Sidoarjo Ini Pilih Energi Bersih PGN

Larangan Ekspor Batu Bara Dicabut, Pengusaha Gembira ​​​​​​​

Selasa, 11 Januari 2022 | 22:53 WIB
header img
Pemerintah memastikan untuk mencabut larangan ekspor batu bara. Ekspor batu bara bisa mulai dilakukan Rabu 12 Januari 2022

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memastikan untuk mencabut larangan ekspor batu bara. Ekspor batu bara bisa mulai dilakukan Rabu 12 Januari 2022, karena banyak bujukan negara lain untuk tidak menghentikan ekspor.

Keputusan ini pun disambut para pengusaha batu bara. Mereka senang karena akhirnya keran ekspor batu bara perlahan dibuka. "Kami tentunya menyambut baik keputusan dari pemerintah," ujar Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (11/1/2022).

Hendra mengatakan, berdasarkan informasi yang didapatnya, kebutuhan bat ubara PLN untuk bulan Januari sudah terpenuhi.

"Dan nanti akan dicari solusi untuk masalah pengangkutannya," kata Hendra.

Dia menegaskan, anggota APBI siap membantu pemerintah dalam menanggulangi kelangkaan pasokan batubara baik saat ini maupun di kemudian hari.

Senada dengan Hendra, Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Indonesia (Aspebindo) Anggawira juga menyambut positif kabar ini. Beberapa perusahaan di bawah naungan Aspebindo juga sudah melakukan ekspor. Perusahaan ini sudah memenuhi kewajiban Domestic Market Obligation (DMO) batu bara.

"Ada 3-4 perusahaan (yang sudah melakukan ekspor)," katanya.

Adapun, untuk solusi jangka pendek dalam memenuhi kebutuhan Hari Operasi (HOP) PLTU PLN dan IPP pada bulan Januari, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan dan intervensi untuk memenuhi alokasi pasokan dan ketersediaan  transportasi untuk mencapai HOP minimal 15 hari dan HOP minimal 20 hari untuk PLTU yang kritis.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut