get app
inews
Aa Read Next : Kemenkumham Jatim Gelar Pemeriksaan Lapangan Calon Pemberi Bantuan Hukum, 41 Berkas Lengkap

Waduk Sengguru Malang Dilakukan Flushing, PJT I Pastikan PLTA Tetap Berjalan dengan Baik

Senin, 26 Juni 2023 | 09:56 WIB
header img
Waduk Sengguru mulai dilakukan Perum Jasa Tirta (PJT) I, dan dipastikan PLTA bisa berjalan dengan baik. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

MALANG, iNewsSurabaya.id – Perbaikan Waduk Sengguru mulai dilakukan Perum Jasa Tirta (PJT) I di Malang. Perbaikan kali ini fokus pada  flushing Waduk Sengguruh yang berada di wilayah Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sesuai rencana awal, flushing dijadwalkan lima hari 19-23 Juni 2023, PJT I memastikan proses penggelontoran sendimen di Waduk Sengguruh tersebut diperpanjang hingga 28 Juni 2023. 

"Jadi memang flushing Sengguruh awalnya dijadwalkan selama lima hari. Dikarenakan adanya kerusakan pada trashrack intake PLTA Sengguruh yang memerlukan waktu lebih untuk perbaikan, sehingga kegiatan ini diperpanjang hingga 28 Juni 2023," kata Direktur Operasional PJT I, Milfan Rantawi saat dikonfirmasi, Minggu (25/6/2023). 

Ia menjelaskan, flushing dilakukan untuk mengurangi sedimen yang ada di Waduk Sengguruh. "Tentunya flushing ini sangat diperlukan untuk menjaga bendungan agar tetap berfungsi dengan baik. Ini sudah keempat kalinya sejak pertama dilakukan tahun 2016 lalu," ujarnya. 

Menurutnya, flushing Sengguruh merupakan salah satu bentuk implementasi penggunaan Biaya Jasa Pengelolaan Sumber Daya Air (BJPSDA) kepada pemanfaat, salah satunya PT PLN Nusantara Power. Milfan mengungkapkan, kondisi sedimen di Sengguruh sudah mendekati intake PLTA sehingga perlu dilakukan penggelontoran sebagai langkah penanganan untuk mencegah sedimen agar tidak masuk ke turbin. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut