SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dengan semakin berkembangnya era media sosial, sudah tidak asing lagi bagi pemilik merek untuk meningkatkan performa penjualan melalui optimalisasi strategi influencer marketing.
Di tengah banyaknya jenis influencer yang tersedia, sangatlah penting untuk selektif dalam memilih influencer yang sesuai dengan segmentasi audiens. Salah satu kategori influencer yang telah menjadi tren signifikan di Indonesia adalah momfluencer.
Momfluencer merupakan sebuah singkatan dari Mom dan Influencer, yaitu para Ibu yang menggunakan platform media sosial untuk mempengaruhi orang lain dengan menjual ide keibuan berupa pengalaman mereka sendiri termasuk review, rekomendasi produk, hingga saran terkait metode parenting.
Berdasarkan Laporan Dampak SIRCLO 2022 , di antara 45 juta ibu rumah tangga di Indonesia yang memutuskan untuk fokus mengurus rumah tangga setelah menikah dan memiliki anak, terdapat 85% dari mereka memiliki aspirasi untuk tetap produktif, salah satunya dengan menghasilkan pendapatan tambahan.
Kini, tidak sedikit jumlah ibu rumah tangga yang mengeksplor potensi diri sebagai momfluencer. Salah satu Star Influencer dari platform IbuSibuk, Fikra Sufi Hijrisari mengungkapkan kisah suksesnya merintis karir sebagai momfluencer yang saat ini sudah mencapai 30 ribu jumlah pengikut hingga berkesempatan berkolaborasi dengan pemilik merek ternama.
Perjalanan Awal Fikra Menjadi Seorang Momfluencer
Setelah berkarir sebagai Social Media Specialist di sebuah perusahaan swasta selama 2 tahun, Fikra memutuskan untuk berpindah jalur karir.
Dengan latar belakang kemampuan yang dimiliki, ia melihat bahwa menjadi seorang momfluencer dapat menjadi cara yang tepat untuk memadukan kembali peran sebagai Ibu dan keinginannya untuk tetap produktif dalam mengembangkan karir, serta membantu perekonomian keluarga.
Dengan semangat baru, Ibu Fikra mulai merintis kehadirannya di media sosial dengan fokus pada kanal Instagram. Konten yang dibagikan meliputi pengalaman sehari-hari sebagai seorang ibu, memberikan tips dan saran seputar parenting.
Melalui konsistensinya, Fikra berhasil membangun citra positif dan meraih 2 ribu jumlah pengikut pada awal karirnya.
Dalam perjalanannya mengembangkan diri sebagai momfluencer, Fikra telah menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya adalah menyeimbangkan tuntutan dalam mengasuh keluarga sembari menjaga kualitas konten yang dihasilkan, dikarenakan hal tersebut membutuhkan manajemen waktu yang baik serta dedikasi tinggi.
“Bagi saya, mengorganisir jadwal serinci mungkin dan dukungan keluarga yang memahami serta menghargai karir merupakan hal yang krusial. Saya percaya bahwa setiap pekerjaan memiliki tantangan tersendiri, namun untuk menjawab tantangan tersebut kita perlu memberikan seratus persen terbaik ketika menjadi seorang ibu juga influencer," ungkapnya.
Editor : Ali Masduki