get app
inews
Aa Read Next : Kenali Penyebab Asam Lampung dan Tips Jaga Kesehatan Lambung

Idul Adha, Jangan Berlebih Makan Daging

Rabu, 28 Juni 2023 | 08:39 WIB
header img
Konsumsi daging kurban juga harus diimbangi dengan pilihan makanan rendah lemak. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Pada momen Idul Adha beragam hidangan biasanya tersedia di meja makan. Daging kurban sudah pasti menjadi menu andalan.

Dosen Program Studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Airlangga (UNAIR), Lailatul Muniroh menuturkan, perlu kebijaksanaan untuk mengonsumsi makanan di hari raya. Konsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi individu dan keseimbangan dalam pola makan.

“Setiap individu memiliki kebutuhan gizi yang berbeda berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatan,” ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa porsi daging kurban untuk konsumsi setiap harinya harus sesuai dengan panduan pemenuhan kebutuhan protein dan zat gizi lainnya. 

Selain itu, konsumsi daging juga harus seimbang dengan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, hingga produk kedelai lainnya layaknya tahu dan tempe.

Selain itu, apabila masyarakat mengonsumsi daging kurban yang memiliki lemak cenderung tinggi, pastikan untuk mengimbanginya dengan pilihan makanan rendah lemak di waktu yang lain. 

Menghindari konsumsi daging yang berlebihan juga penting untuk menjaga keseimbangan diet. Pada akhirnya, variasi pola makan akan membantu memastikan asupan gizi yang seimbang.

“Selain daging kurban, pastikan untuk mengonsumsi beragam makanan lain termasuk sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan makanan lain yang kaya serat, vitamin, dan mineral,” tambahnya.

Tidak hanya perihal bijaksana dalam mengonsumsi, ia pun berpesan untuk bijaksana saat mengolah. Pastikan daging diolah dengan baik dan sesuai dengan standar kebersihan dan kehigienisan. Tetap jaga kebersihan selama proses pemotongan, penyimpanan, dan pengolahan untuk mencegah kontaminasi bakteri atau patogen. 
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut