get app
inews
Aa Read Next : Target Ambisius Partai Gerindra, Ingin Kuasai 24 Daerah dalam Pilkada Serentak di Jatim

Tanaman Indigofera Mampu Perbaiki Gizi Sapi Perah Peternak

Rabu, 12 Januari 2022 | 12:52 WIB
header img
Koperasi Unit Desa (KUD) menggandeng PT Nestle Indonesia untuk menanam 6000 bibit indigofera khusus untuk meningkatkan kualitas sapi perah.(Foto : iNewsSurabaya/didin)

PROBOLINGGO, iNews.id – Kerja nyata ditunjukan Koperasi Unit Desa (KUD) untuk melestarikan alam. Dengan menggandeng PT Nestle Indonesia, KUD menanam 6000 bibit indigofera untuk meningkatkan ekonomi peternak sapi perah yang berada di daerah Krucil.

Pohon Indigofera merupakan hijauan pakan ternak jenis leguminosa yang memiliki nutrisi tinggi dan memiliki kecernaan yang tinggi, sehingga akan lebih banyak nutrisi yang diserap dari pada kotoran yang terbuang, serta memiliki kandungan mineral yang sangat ideal terhadap kebutuhan ternak.

“Penanaman bibit indigofera diharapkan dapat menunjang dan meningkatkan ekonomi para peternak sapi perah yang ada di Krucil,” kata Pengelolah KUD Argopuro Krucil, Suloso.

Suloso mengatakan, tanaman ini dinilai sangat berguna untuk masyarakat, untuk itu edukasi menenai kualitas tanaman ini perlu ditularkan ke warga. "Kami berharap sapi yang mengkonsumsi daun indigofera ini hasil panen susu sapi milik peternak bisa lebih berkualitas dan meningkat hasil produksinya", ungkapnya.

Tak hanya itu, lanjut Suloso, Pohon indigofera ini juga dapat mengurangi emisi dari peternak sehingga bumi bisa tetap lestari.

"Dengan penanaman indigofera ini kami para peternak sama-sama bisa menjaga ekosistem oksigen yang ada dibumi ini dengan mengurangi emisi yang diciptakan dari hasil ternak," pungkas dia.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut