get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Pendukung Terdakwa Liliana Herawati Demo di PN Surabaya, Ini Tanggapan Pelapor

Rabu, 05 Juli 2023 | 00:24 WIB
header img
Pendukung terdakwa Liliana Herawati menggelar aksi demonstrasi di depan PN Surabaya, Selasa (4/7/2023). Foto/Ali

Erick mengaku sangat prihatin atas apa yang dilakukan Terdakwa Liliana yang telah sengaja melakukan perbuatan melawan hukum meskipun sedang dalam tahanan. Sehingga sudah sepatutnya bilamana Liliana harus dihukum berat maksimal agar memberi rasa jera dan berbudi pekerti baik. 

"Semoga dengan mendapat hukuman yang berat akan menyadarkan Terdakwa untuk menjadi manusia lebih baik dengan meninggalkan kelakuan berbohong selama ini," ujar Erick.

Terpisah, ketua tim kuasa hukum Liliana Herawati mengatakan aksi demo yang dilakukan pihaknya adalah meminta agar majelis hakim melepaskan Liliana Herawati dari tahanan yang sudah habis pada 22 Juni 2023 kemarin. Namun, majelis hakim justeru memperpanjang masa tahanan Terdakwa Liliana. 

"Sesuai pasal 21 ayat 3 disebutkan bahwa setiap perpanjangan penahanan harus ada pemberitahuan dari pihak keluarga. Karena tidak ada pemberitahuan maka saya menilai bahwa penahanan tersebut cacat formil dan Terdakwa harus dilepas," tegasnya.

Sementara Kapolsek Sawahan Kompol Eko Cipto Nugroho pada awak media. Dia menegaskan bahwa aksi demo yang dilakukan sekelompok massa di depan PN Surabaya tersebut tanpa ada pemberitahuan ke pihak Polsek Sawahan. Namun, Eko meralat dan mengatakan ijin diajukan ke Polrestabes Surabaya.

Kompol Eko melanjutkan, berdasarkan undang-undang surat ijin dari kepolisian pada massa yang melakukan aksi adalah wajib. Sebab hal itu berkaitan dengan pengamanan aksi dan tidak mengganggu Kamtibmas. 

"Kita tadi menghimbau agar tidak mengganggu kamtibmas. Terus mereka bilang, hanya melakukan aksi damai dan teaterikal kemudian mereka akan bubar. Aksi mereka cuma sebentar kemudian mereka bubar. Kalau mereka melakukan hal yang sifatnya anarkis maka kita akan bubarkan secar paksa," tutupnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut