get app
inews
Aa Read Next : Angka Universal Coverage Jamsostek Diharapkan Terus Meningkat, Wapres Berikan Paritrana Award

BPJamsostek Bojonegoro Gandeng TNI AL, Sosialisasi Jaminan Sosial bagi Non ASN dan Nelayan

Rabu, 05 Juli 2023 | 18:18 WIB
header img
BPJamsostek Bojonegoro sosialisasi manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi Non ASN dan Nelayan yang menjadi pengawasan dari TNI AL di Ruang Rapat Satrol Lantamal V. Foto/Ali

SURABAYA, iNews.id - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro atau BPJamsostek Bojonegoro, melakukan sosialisasi manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi Non ASN dan Nelayan yang menjadi pengawasan dari TNI AL Jawa Timur, Rabu (05/7/2023). 

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Satrol Lantamal V tersebut dalam rangka peningkatan coverage dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di sektor Buka Penerima Upah (BPU) atau tenaga kerja informal. Hadir dalam acara ini Komandan Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal V Kolonel Laut (P) Waluyo beserta seluruh Perwira Satrol Lantamal V. 

Dikesempatan berbeda, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjan Cabang Bojonegoro, Iman M Amin manjelaskan bahwa tujuan diadakannya sosialisasi tersebut untuk memberikan informasi sekaligus pemahaman mengenai BPJS Ketenagakerjaan kepada Non ASN dan Nelayan yang ada di lingkungan Satrol Lantamal V.

BPJS Ketenagakerjaan, lanjutnya, merupakan sebuah badan hukum yang disediakan untuk publik dengan tujuan memberikan perlindungan kepada seluruh tenaga kerja di Indonesia dari risiko sosial ekonomi tertentu.

Iman menuturkan, dahulu layanan ini disebut Jaminan Sosial Tenaga Kerja atau Jamsostek yang dikelola oleh PT Jamsostek (Persero). Namun sekarang diubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS sejak 1 Januari 2014.

"Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Satrol Lantamal V ini sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden RI nomor 2 tahun 2021 Tentang Optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Sosial ketenagakerjaan," terangnya.

Ia berharap, dari sinergi ini maka untuk kedepannya akan dilakukan sosialisasi secara bertahap kepada nelayan-nelayan di setiap posko TNI AL. 

Anjelius Nico dan Drajad Aji Yunanto selaku petugas dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro menyampaikan, terkait perlindungan jaminan kematian, kecelakaan kerja hanya RP.16800/bulan dan apabila nelayan yang di awasi TNI AL berkenan menabung di sarankan ikut JHT dengan menambah RP.20.000 menjadi RP.36.800/bulan 

Sosialisasi tersebut di akhiri dengan saling bertukar cinderamata sebagai salah satu wujud sinergi yang telah dibangun

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut