get app
inews
Aa Read Next : Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan, Ternyata Begini Strategi dan Jurus Pemprov Jawa Timur

Ciptakan Laporan Keuangan Akurat dan Akuntabel, Kemenkumham Jatim Gelar Rekonsiliasi Data Keuangan

Kamis, 06 Juli 2023 | 12:16 WIB
header img
Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari bersama Kadiv Administrasi Saefur Rochim membuka acara rekonsiliasi data Keuangan. Foto iNewsSurabaya/ist

MALANG, iNewsSurabaya.id  – Kanwil Kemenkumham Jatim terus menciptakan laporan keuangan yang akurat dan akuntabel. Salah satu upayanya adalah dengan menggelar Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan dan BMN Semester I Tahun Anggaran 2023  (5/ 7). Kegiatan tersebut dibuka oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari. Dia diampingi oleh Kadiv Administrasi Saefur Rochim.

Imam menegaskan rekonsiliasi ini memiliki peran yang sangat penting. Terutama dalam rangka meminimalisasi terjadinya perbedaan pencatatan yang berdampak pada validitas dan akurasi data yang disajikan dalam laporan keuangan.

“Oleh sebab itu agar data yang dihasilkan oleh Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat dapat diandalkan, maka perlu dilakukan rekonsiliasi untuk menjamin ketelitian dan akurasi pencatatan data akuntansi,” terang Imam.

Imam melanjutkan bahwa upaya ini merupakan amanat dalam Pasal 33 Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah.

Imam mengingatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis untuk memperhatikan kepatuhan terhadap aturan pelaksanaan belanja APBN.  Belanja modal  harus disesuaikan dengan hasil telaah RKBMN, sehingga meminimalisir adanya revisi RKBMN dan ketidaksesuaian penggunaan akun belanja.

“Selain itu diperlukan koordinasi dan sinergi yang baik antara PPK, Bendahara, Pejabat Pengadaan dan operator BMN karena yang paham terhadap penggunaan kode barang apakah merupakan barang persediaan ataukah aset tetap,” pesannya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut