get app
inews
Aa Read Next : Pasokan Listrik Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Kembali Pulih

Banjir Lahar Gunung Semeru di Lumajang Makan Korban, 516 Mengungsi 3 Meninggal Dunia

Sabtu, 08 Juli 2023 | 07:56 WIB
header img
Banjir Lahar Gunung Semeru di Lumajang Makan Korban, sebanyak 516 Mengungsi mengungsi ke desa lain. Foto iNewsSurabaya/ist

LUMAJANG, iNewsSurabaya.id - Kabar duka muncul dari Lumajang. Cuaca ekstrem yang membuat banjir lahar mulai memakan korban, tercatat sebanyak 516 orang mengungsi, sementara tiga orang dikabarkan ditemukan dalam kondisi meninggal. 

Pemerintah Kabupaten Lumajang langsung menetapkan status tanggap darurat bencana selama 14 hari terhitung Jumat (7/7/2023). Status ini untuk merespon banjir bandang dan aliran lahar dingin Gunung Semeru yang menerjang enam kecamatan di Lumajang. Selain banjir akses jalan juga tertutup longsor akibat hujan deras yang mengguyur Lumajang. 

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjelaskan status tanggap bencana ini untuk melihat situasi beberapa hari ke depan. Menurutnya curah hujan masih tinggi dan lahar Gunung Semeru juga tidak bisa diprediksi. Pihaknya juga masih melakukan proses evakuasi warga dan pendataan kerusakan sarana dan prasaran serta rumah warga. 

"Saya sudah menetapkan tanggap darurat 14 hari. Semua sudah saya tanda tangani dan saya tunjuk Pak Sekda untuk memimpin satgas," ujarnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut