get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Trik Buat Batik Ecoprint secara Praktis, Ini yang Diajarkan Mahasiswa Untag Surabaya

Minggu, 09 Juli 2023 | 21:39 WIB
header img
Mahasiswa Untag Surabaya memberikan pembelajaran membatik Ecoprint di Mojokerto. Foto iNewsSurabaya/ist

MOJOKERTO, iNewsSurabaya.id - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya meningkatkan ketrampilan masyarakat dalam membatik. Praktek membatik ini dilakukan mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Mojokerto. 

Peningkatan ketrampilan membatik diajarkan khusus Batik Ecoprint yang merupakan salah satu jenis batik yang metode pembuatannya memanfaatkan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun, akar atau batang yang diletakkan pada sehelai kain. 

"Metode pembuatan ecoprint yang dilakukan sangatlah mudah untuk diterapkan karena itulah proker tersebut kami lakukan dengan tujuan untuk lebih memanfaatkan Potensi Alam di Desa Pohjejer, Desa Padi, dan Desa Bening serta juga meningkatkan kreativitas dari ibu-ibu PKK.dan para remaja," kata  Angga Dutahatmaja, S.Kom.,M.M. Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok Reguler 4 di Mojokerto.

Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint dilaksanakan tanggal 5 Juli 2023 di Kantor Kecamatan Gondang dengan mengajak Ibu PKK dari beberapa perwakilan Desa dan para remaja yang ada di Kecamatan Gondang. Desa yang dimaksud yaitu Desa Pohjejer, Desa Padi, dan Desa Bening. 

Kerjasama ini di arahkan oleh beberapa kelompok KKN Regular yaitu Lisa Widayanti Mahasiswi Prodi Administrasi Niaga, Septiana Puji Lestari Mahasiswi Prodi Manajemen, dan Dwi Riska Meilina Mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi dengan dibantu oleh ibu Dra. Yulyar Kartika Wijayanti sebagai Pemateri. Tujuan dari kerjasama ini yaitu agar dapat memperkuat hubungan antar desa untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam menghasilkan produk  batik ecoprint.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut