get app
inews
Aa Read Next : Dies Natalis ke-31, Ciphoc Unitomo Hadirkan Nuansa Berbeda

Ciphoc Unitomo Pamerkan Karya Foto Analog Menolak Punah

Selasa, 11 Juli 2023 | 19:07 WIB
header img
Pameran Fotografi Ciphoc Unitomo bertema "AMPUH" ini menampilkan 25 karya foto Analog dari 4 Pameris angkatan 2021. Foto/Ciphoc Unitomo

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Communication Photography Club (Ciphoc) Universitas Dr. Soetomo Surabaya memamerkan karya foto hasil jepretan kameran analog

Pameran yang mengusung tema "AMPUH" atau Analog Menolak Punah ini digelar mulai 10-15 Juli 2023 di lobi Gedung F Universitas Dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Ketua Pelaksana, Adrianus Masang Maran, mengatakan Ciphoc Unitomo merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang hingga saat ini masih merawat dan mempertahankan belajar fotografi menggunakan Kamera Analog. Hasil dari belajar itupun dikemas dan ditunjukkan kepada publik melalui media pameran. 

Mahasiswa asal Adonara ini menegaskan, bahwa kegiatan ini selaian wujudk eksistensi sebagai pegiat fotografi, juga bertujuan untuk mempertahankan kamera analog di era digitalisasi yang semakin pesat.

Fotografi Analog merupakan fotografi yang menggunakan media roll film untuk merekam subjek dan diperkenalkan pada tahun 1980-an lalu populer pada zaman itu. Pada era modern ini fotografi analog seolah mengalami kemunduran karena adanya kamera digital yang lebih canggih dan tanpa ada batasan penyimpanan file foto dibandingkan analog,” tuturnya.

Ia menjelaskan, foto-foto yang disajikan tidak terlepas dari kreativitas yang berasal dari keresahan pameris dalam kehidupan sosial maupun diri sendiri yang di interpresentasikan melalui karya foto analog

Pameran Fotografi AMPUH ini menampilkan 25 karya foto Analog dari 4 Pameris angkatan 2021. Mereka adalah Adrianus Masang Maran, Reza Nugraha, Andika Setiyadi, dan Putri Yeza. 

Dari 25 foto yang dipajang, terdapat satu karya foto Master Piece dari salah satu pameris, Putri Yeza. Dalam pameran ini Yeza menuangkan visual berupa kamera analog yang didouble exposure dengan pistol. Dari karya itu, Yeza ingin menyampaikan bahwa analog merupakan senjata yang masih mampu menyampaikan pesan melalui fotografi.

Selain menyajikan mahakarya fotografi, pada pameran kali ini Ciphoc Unitomo juga menggelar rangkaian acara seperti Fashion Show Batik dari Putra Putri Kampus Unitomo, mengundang Guestar Runner Up 2 Miss Queen Indonesia 2021 Veve Sylvia, dan beberapa penampilan dari mahasiswa yaitu tari remo, musikalisasi puisi dan pencak silat .

“Konsep budaya bertujuan untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya yang sudah diwariskan leluhur. Sehingga bisa diimplementasikan di kehidupan kampus, serta memberikan peluang bagi mahasiswa yang memiliki bakat tentang kebudayaan," tandas Masang.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut