get app
inews
Aa Read Next : Gebyar Dies Natalis STIKES YRSDS Meriah dengan Penampilan Titi Laras dan Fake Dopp

Ciphoc Unitomo Gelar Pameran Photo Story Zona Cerita 2024 di Balai Pemuda Surabaya

Selasa, 09 Juli 2024 | 20:23 WIB
header img
Pengunjung melihat deretan karya Photo Story saat mengunjungi pameran bertajuk Zona Cerita yang digelar oleh Ciphoc Unitomo, di Balai Pemuda Surabaya, Senin (09/7/2024). Foto/Dokumentasi Ciphoc Unitomo

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Unit Kegiatan Mahasiswa Communication Photography Club (Ciphoc) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya menggelar pameran Photo Story bertajuk 'Zona Cerita', di Galery Dewan Kesenian Surabaya (DKS), Komplek Gedung Balai Pemuda Surabaya, Surabaya. Pameran digelar mulai tanggal 9 hingga 13 Juli 2024.

Ketua Pelaksana Muhamad Taufik mengatakan, Zona Cerita merupakan rangkaian beberapa foto yang disajikan menjadi bentuk cerita, sehingga bisa menginspirasi dan mampu menyentuh emosi pembaca. 

Selain sajian foto, pameris juga mencantukan cerita berupa naskah yang mengarahkan intisari rangkaian cerita dalam satu bingkai yang utuh.

"Disini kami ingin berbagi edukasi dan inspirasi dalam satu zona cerita,” ujarnya usai pembukaan pameran di Balai Pemuda Surabaya, Senin (09/7).

Sementara itu mentor proses Zona Cerita, Bahana Patria Gupta menuturkan bahwa fotografi bersifat legaliter. Ia bilang, dengan membuat karya foto maka kemudian membagikan kisahnya, maka fotografer sudah mengajarkan tentang kepedulian terhadap sekitar melalui media fotografi. 

"Sebagai fotografer bukan hanya bicara tetapi juga berkarya," tuturnya.

“Yang paling mengesankan buat saya sebagai pengajar fotografi, selain sebagai foto jurnalis itu adalah melihat sesuatu yang sebelumnya hanya dalam pikiran, kemudian bisa di realisasikan menjadi karya fotografi yang fisiknya bisa kita lihat adalah sebuah kebahagiaan,” ungkap Pewarta Foto Senior tersebut.

Sucipto, Wakil Rektor III Unitomo Surabaya mengapresiasi gelaran pameran foto 'Zona Cerita'. Ia mengakui selama ini UKM Ciphoc sangat produktif terutama dalam menghasilkan karya-karya fotografi.

Namun, kata dia, pada kesempatan kali ini Ciphoc bisa membawa kreatifitasnya diluar kampus sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

“Ini menjadi kesempatan bagus dan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dengan adanya mentor dari wartawan jurnalistik bisa belajar dan mengangsu ilmu serta pengalaman. Sehingga apa yang sudah dilakukan menjadi sesuatu yang baik untuk melakukan evaluasi untuk perkembangan kreatifitas," tandasnya.

Perlu diketahui, deratan karya foto cerita yang dipamerkan tersebut merupakan hasil karya dari sejumlah fotografer muda Ciphoc Unitomo

Di antaranya Putri Yeza, Andika Setiyadi, M Rifaldy Kotawasi, Muhammad Taufik, Siti Aisah, Nikmatus Solichah dan Nur Jannah. 

Selain menampilan karya foto cerita, dalam rangkaian acaranya pameran ini akan di meriahkan oleh penampilan Tegar Maulana Razzak, musisi disabilitas sekaligus salah satu objek yang ceritanya di angkat dalam pameran. Kemudian Band Konspirasi yang akan tampil pada hari puncak Pameran Photo Story “Zona Cerita”.


 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut