get app
inews
Aa Read Next : Inilah 10 Sanggar yang Peroleh Hadiah Pembinaan dari Galeri Indonesia Kaya

Mengenal Alat Musik Legendaris Nusa Tenggara Timur yang Tampil di Galeri Indonesia Kaya

Senin, 17 Juli 2023 | 18:14 WIB
header img
Pertunjukan Sasando Rhapsody juga dimeriahkan dengan penampilan dari Andovi da Lopez yang membawakan narasi pertunjukan tentang keindahan dan keajaiban dari sasando. Foto/Galeri Indonesia Kaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak hanya memiliki kecantikan alam yang memanjakan mata. Namun NTT juga memiliki ragam kebudayaan yang tidak kalah menarik untuk ditelusuri seperti kuliner, kain tenun, rumah adat hingga alat musik sasando.

Alat musik legendaris asal Nusa Tenggara Timur tersebut dikenalkan oleh Galeri Indonesia Kaya dalam pertunjukan bertajuk Sasando Rhapsody yang dimeriahkan oleh Nusa Tuak dan juga Andovi da Lopez.

Mengangkat tema Bali dan Nusa Tenggara sepanjang Juli 2023, pertunukan menampilkan sasando sebagai pusat pertunjukan dan perhatian. Selama kurang lebih 60 menit, penikmat seni dihibur dengan keindahan melodi dari alat musik sasando yang dibawakan oleh Nusa Tuak dengan lagu-lagu yang mencerminkan nilai tradisi Nusa Tenggara Timur seperti lalean, bolelebo, dan masih banyak lagi.

Pertunjukan Sasando Rhapsody juga dimeriahkan dengan penampilan dari Andovi da Lopez yang membawakan narasi pertunjukan tentang keindahan dan keajaiban dari sasando. 

Kolaborasi dan kepiawaian keduanya, serta melodi yang tradisional mendalam hingga irama musik modern yang riang, menghipnotis para penikmat seni yang meramaikan Auditorium Galeri Indonesia Kaya.

Pengaturan panggung yang intim, pencahayaan lembut dan proyeksi visual yang mendukung akan memperkuat pesona musik sasando. Pertunjukan ini juga menampilkan kolaborasi seni lukis naratif, yang menggambarkan cerita melalui goresan yang selaras dengan melodi sasando bersama Diego Luister Berel.

Andovi da Lopez mengungkapkan bahwa ini merupakan kali pertama ia hadir ke hadapan para penikmat seni di Galeri Indonesia Kaya.

"Bangga rasanya bisa memperkenalkan kebudayaan Nusa Tenggara Timur dengan cara yang menyenangkan bersama kelompok musik Nusa Tuak yang juga mengangkat kebudayaan Nusa Tenggara Timur," ucapnya.

Dalam pertunjukan ini, Andovi da Lopez  dan Nusa Tuak mengajak penonton untuk terhubung dengan kekayaan budaya Nusa Tenggara Timur, serta indahan melodi yang terdapat dalam alunan sasando.

"Semoga penampilan kami dapat diterima dengan baik dan menjadi hiburan yang bermanfaat bagi para penikmat seni,” ujarnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut