Teknik Informatika memiliki peran yang signifikan dalam kolaborasi dengan dunia kerja, dengan menitikberatkan mahasiswa pada bidang-bidang seperti Pengembangan Sistem dan Aplikasi, Analisis Data dan Kecerdasan Buatan. Salah satunya, pada mata kuliah Kerja Praktek dengan mengizinkan mahasiswa untuk melakukan magang (internship) di organisasi, institusi, atau perusahaan yang bersedia menerima mahasiswa untuk mengatasi masalah di organisasi mereka, memberikan kesempatan mahasiswa untuk berkegiatan di luar kampus guna untuk memberikan wawasan (insight) kepada para mahasiswa mengenai bagaimana ilmu yang dipelajari diterapkan oleh para praktisi di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).
Selain itu, mahasiswa diajarkan mengembangkan sikap pembelajaran seumur hidup (lifelong learning) agar terus memperbarui pengetahuan dan kompetensi mereka dengan mengikuti perkembangan teknologi berbagai melalui pelatihan, seminar, konferensi, dan juga lomba-lomba terkait bidang informatika seperti Gemastik atau kolaborasi dengan bidang lain seperti Lomba Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa).
Dalam mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien, Teknik Informatika menunjang fasilitas belajar yang menjadi komponen penting dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi para mahasiswa. Laboratorium Informatika merepresentasikan 4 grup riset yang ada dengan masing-masing fokus bidang yang spesifik sesuai tema umum kecerdasan artifisial grup riset, antara lain Grup Sistem Informasi Cerdas, Grup Komputasi Bergerak Cerdas & Kreatif, Grup Komputasi Cerdas & Visi Komputer, dan Grup Perangkat Cerdas & Teknologi Interkoneksi.
Grup Sistem Informasi Cerdas berfokus pada desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi sistem informasi (information system) dengan dilengkapi proses intelegensi bisnis (business intelligence). Di dalamnya pengelolaan basis data dan informasi, serta analitik data dengan area penerapan di sektor bisnis, pemerintahan, organisasi, dan institusi pendidikan. Grup Komputasi Bergerak Cerdas & Kreatif berfokus pada desain, pengembangan, penerapan, serta evaluasi sistem interaktif (interactive system) di berbagai platform teknologi; baik di web, aplikasi bergerak, game, dan media baru seperti realita tertambah (augmented reality) dan realita maya (virtual reality). Termasuk di dalamnya penerapan unsur kecerdasan buatan dan desain pengalaman pengguna (user experience/UX) dari sebuah sistem interaktif.
Editor : Arif Ardliyanto