get app
inews
Aa Read Next : Posisi Hendy Siswanto Sebagai Petahana Bupati Jember Terancam, Elektabilitas Gus Fawait Bukan Main

Indonesia Emas 2045, Gus Fawait : Kuncinya Sejahterakan Guru

Jum'at, 21 Juli 2023 | 20:18 WIB
header img
Gus Fawait saat pertemuan dengan Dewan Guru yang tergabung dalam Yayasan Pendidikan Muslimat NU Cabang Kencong. Foto/Istimewa.

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Di tahun 2045 mayoritas penduduk Indonesia ada pada usia produktif. Bonus demografi ini diproyeksikan sebagai Indonesia Emas.

Gus Muhammad Fawait, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jawa Timur berharap Indonesia Emas 2045 harus dipersiapkan mulai saat ini. Karena itu peran guru sangat penting untuk mempersiapkan generasi Indonesia Emas 2045.

"Karena itu, salah satu kunci keberhasilan Indonesia Emas 2045 adalah dengan mensejahterakan guru," kata Gus Fawait, Jumat (21/7/2023).

Tokoh Nahdliyin Inspiratif versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini mengingatkan, Generasi Indonesia Emas 2045 mayoritas adalah mereka yang saat ini masih berusia balita. Karena itu, para guru PAUD, TK mau pun RA menjadi ujung tombak dalam mempersiapkan generasi masa depan yang berkualitas.

Gus Fawait mengungkapkan beberapa hari ini pihaknya menemui beberapa Dewan Guru yang jumlahnya ada sekitar 1000 orang. Para guru itu berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Muslimat NU Cabang Kencong.

"Saya menyerap banyak masukan dari para Dewan Guru. Salah satu yang utama adalah masalah kesejahteraan guru," ujar Fawait 

Bendahara Gerakan Pemuda Ansor Jatim ini mengatakan, di negara maju gaji guru sangat tinggi. Karena itu kesejahteraannya sangat terjamin, sehingga mereka bisa mengajar dengan profesional.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan kesejahteraan guru di Indonesia yang masih jauh dari sejahtera. Menurut Gus Fawait, guru di Indonesia bukan sekedar profesi tapi juga sebuah pengabdian. Karena itu mereka rela mencari tambahan penghasilan untuk mencukupi hidup sebagai guru.

"Jangan heran kalau masih banyak guru yang gajinya hanya Rp150.000 per bulan tapi mereka tetap semangat mengajar dengan penuh keikhlasan. Bayangkan kalau gaji mereka cukup, dan kesejahteraan terjamin. Maka mereka akan mengajar dengan lebih fokus," pungkas Gus Fawait. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut