get app
inews
Aa Read Next : Hari Raya Idul Fitri, Basarnas Surabaya Siaga SAR Khusus Lebaran di Jawa Timur

4 Orang Tersesat di Alas Purwo

Senin, 31 Juli 2023 | 14:59 WIB
header img
Yogi, Ega, Dedi, dan Junaidi sempat tersesat di Taman Nasional Alas Purwo, pada Minggu (30/7) kemarin. Foto/Basarnas Surabaya

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Taman Nasional Alas Purwo hampir saja menelan korban. Minggu (30/7) kemarin. sebanyak 4 orang pengunjung tersesat. Mereka terdiri dari Yogi, Ega, Dedi, dan Junaidi. Beruntung, keberadaan mereka cepat ditemukan oleh tim SAR.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Surabaya, Muhamad Hariyadi mengatakan saat menerima laporan ada orang tersesat di Alas Purwo, pihaknya langsung mengerahkan tim rescue Pos SAR Banyuwangi.

“Satu tim rescue beranggotakan 6 personil kami gerakkan menuju lokasi untuk lakukan pencarian terhadap empat survivor bersama unsur SAR lainnya,” terang Hariyadi, Senin (31/7/2023).

Setelah tim Pos SAR Banyuwangi tiba di lokasi pada pukul 18.45 WIB, tim langsung berkoordinasi dengan unsur SAR serta pihak Resort Pancur Alas Purwo dan melakukan assesment kemudian mendirikan posko SAR. 

“Tim SAR gabungan bergerak menuju lokasi survivor dengan jarak kurang lebih 3 km Resort Pancur Alas Purwo pada pukul 19.30 WIB,” jelas Hariyadi.

Selanjutnya pukul 22.15 WIB, empat korban berhasil ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan selamat dan selanjutnya bersama-sama kembali ke posko SAR gabungan. 

“Tim SAR beserta keempat korban akhirnya tiba di posko SAR gabungan pada pukul 00.15 WIB dan diserahkan kepada pihak keluarga," kata dia.

Hariyadi mengungkapkan rasa terima kasih kepada tim SAR gabungan yang telah bersama-sama mengupayakan pencarian korban

Unsur SAR yang terlibat dalam pencarian ini antara lain Pos SAR Banyuwangi, Polisi Hutan Alas Purwo, BPBD Banyuwangi, Polair Banyuwangi, Pos AL Muncar, Polsek Tegaldimo, Damkar Banyuwangi, RAPI, Rescue 851, serta warga setempat.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut