get app
inews
Aa Read Next : DMC Dompet Dhuafa Jatim Berikan Bantuan Korban Gempa Pulau Bawean, Salurkan Kebutuhan Pokok

Bawean Siap Jadi Tuan Rumah Wonderful Sail International to Indonesia Yacht Rally 2023

Selasa, 15 Agustus 2023 | 06:29 WIB
header img
Peserta Wonderful Sail International to Indonesia Yacht Rally disambut hangat masyarakat Bawean pada tahun 2018 silam. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

GRESIK, iNewsSurabaya.id - Masyarakat Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur siap menjadi tuan rumah Wonderful Sail International to Indonesia Yacht Rally 2023. 

Sesuai jadwal, sebanyak 52 kapal Yacht dengan 100 peserta rally dari manca negara bakal kembali singgah di Bawean pada tanggal 15-18 Oktober mendatang. 

Faisyal Akli, pegiat wisata Bawean mengaku bahwa masyarakat yang tinggal di Pulau Putri ini sudah sangat siap menerima kunjungan. Mengingat tahun-tahun sebelumnya Bawean sudah pernah menyambut peserta Wonderfull Sail Indonesia. Yakni pada tahun 2018, 2019, 2022 lalu.

"Pada intinya masyarakat Bawean sudah siap menjadi tuan rumah yang baik," tegas putra Bawean yang sejak tahun 2018, awal terselenggaran event international itu sudah terlibat.

Pemilik brand Baweany ini mengatakan, seperti Wonderful Sail International sebelumnya, tamu-tamu mancanegara akan dikenalkan kekayaan dan tradisi masyarakat lokal. Mereka akan diajak mengunjungi sejumlah tempat seperti kerajinan tikar, pemindangan tradisional dan tempat spot wisata lainnya.

Peserta nantinya juga akan diajak menyaksikan tarian atau kesenian khas, serta mengelilingi Pulau Bawean.

"Insya Allah kami akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik, dengan tetap menjaga Kearifan Lokal dan Kultur Budaya Bawean,” tuturnya.

Untuk lokasi lego jangkar, perahu layar Yacht milik peserta Wonderfull Sail Indonesia 2023 nantinya dipusatkan di Pantai Labuhan, desa Tanjungori kecamatan Tambak, Pulau Bawean. Di sana nantinya disiapkan perahu karet.

Raymond T. Lesmana, Yacht Rally Organizer Sail To Indonesia 2023 menjelaskan, selain Bawean daerah yang akan dijadikan tempat singgah  peserta rally di antaranya Tual, Banda, Ambon, Wakatobi, Baubau, Taka bonerate, Riung, Labuan Bajo dan Lombok. 

Pesertanya dari dari sejumlah negara antara lain, Australa, Selandia Baru, Belanda, Perancis, Swedia, Belgia, Inggris, AS, Kanada.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut