get app
inews
Aa Read Next : DMC Dompet Dhuafa Jatim Berikan Bantuan Korban Gempa Pulau Bawean, Salurkan Kebutuhan Pokok

Gempa Tuban Buat Pulau Bawean Terpukul, Kehancuran Sekolah Terpampang Nyata

Senin, 01 April 2024 | 12:04 WIB
header img
Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Jatim, Aries Agung Paewai, tak kuasa menyembunyikan kesedihannya, saat melihat kondisi di setiap ruangan di SMAN 1 Sangkapura, Gresik di Pulau Bawean. Foto iNewsSurabaya/ist

GRESIK, iNewsSurabaya.id - Gempa dahsyat yang mengguncang Tuban beberapa waktu lalu telah meninggalkan jejak kehancuran yang mendalam di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Sekolah menjadi saksi bisu atas kekuatan alam yang mengerikan, dengan kondisi lapangan yang menyedihkan dan ruang kelas yang memprihatinkan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai, dengan hati yang terpukul, turut melihat langsung dampak gempa di SMAN 1 Sangkapura, Gresik, Pulau Bawean. Kedatangannya tidak hanya untuk memantau kerusakan, tetapi juga untuk memberikan dukungan bagi keluarga besar sekolah tersebut yang terdampak musibah tersebut.

"Saya sangat tergugah melihat kerusakan yang terjadi di sekolah ini. Hampir semua ruang kelas mengalami kerusakan serius. Tidak hanya itu, fasilitas seperti laboratorium komputer dan ruang guru juga tidak luput dari kehancuran," ujar Aries, terharu, ketika melakukan kunjungan di sekolah tersebut.

Kondisi yang memprihatinkan ini memaksa Aries untuk segera mengambil langkah preventif. Dia memerintahkan kepala sekolah untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, mengingat keberadaan siswa dan guru akan sangat terancam jika kembali ke sekolah yang belum aman akibat gempa.

Langkah-langkah ini juga dilakukan sebagai respons terhadap instruksi dari Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, yang memerintahkan untuk mengevaluasi kondisi fasilitas pendidikan yang terdampak gempa.

Tentu, upaya pemulihan akan memakan waktu, terutama dengan ancaman gempa susulan yang masih berlanjut. Namun, Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama instansi terkait akan terus berkoordinasi dan bekerja keras untuk memastikan proses pembelajaran kembali normal secepatnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut