get app
inews
Aa Read Next : Naik Gerobak Sapi, Ganjar Diarak Ratusan Ribu Warga Keliling Solo Tempat Lahir Gibran

Survei SRS di Jatim: Sandiaga Cawapres Paling Ideal untuk Ganjar Pranowo

Selasa, 15 Agustus 2023 | 18:22 WIB
header img
PPP optimis peluang Sandiaga menjadi cawapres Ganjar sudah di angka 99%. Foto/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis hasil survei peta politik Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Salah satunya terkait nama cawapres yang ideal untuk Ganjar Pranowo menurut warga Jawa Timur (Jatim).

Direktur Riset SRS Edwin Abdul menyebut responden warga Jatim memilih Sandiaga Salahuddin Uno sebagai cawapres paling ideal untuk Ganjar Pranowo.

"Hasil survei SRS menempatkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai cawapres paling ideal dan paling tepat untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024," kata Edwin Abdul dalam paparannya melalui zoom, Selasa (15/8/2023).

Dalam survei SRS, sebanyak 19,2% responden di Jatim menginginkan Sandiaga sebagai cawapres Ganjar Pranowo. Kemudian 15,4% responden memilih nama Ridwan Kamil sebagai cawapres Ganjar.

"Lalu 11,5% responden memilih Erick Thohir sebagai cawapres Ganjar, 10,8% Susi Pujiastuti, 8,9% Yenny Wahid, 6,7% Andika Perkasa, 4,2% Puan Maharani, 3,9% Basuki Hadi 3,9%, Nassarudin Umar 2,8%. Sebanyak 16,6% responden belum memilih," jelasnya.

Menurut Abdul peluang Sandiaga menjadi cawapres Ganjar semakin besar semenjak PPP mendeklarasikan Ganjar dan Sandiaga bergabung dalam partai berlambang Ka'bah tersebut.

"Satu-satunya partai parlemen di luar PDIP yang mendukung Ganjar adalah PPP dan secara resmi sudah berkoalisi dengan PDIP. Dan PPP menawarkan Sandiaga cawapres yang secara otomatis Sandiaga paling berpeluang menjadi cawapres Ganjar," bebernya.

Abdul menambahkan bergabungnya Sandiaga ke PPP juga memperkuat identitasnya sebagai representasi religius. Selama ini, duet nasionalis-religius mendapat respons baik dari masyarakat, terutama Jatim yang banyak didominasi warga Nahdliyin.

Survei SRS dilakukan pada 2-11 Agustus 2023 di 38 kabupaten/kota Jatim dengan jumlah responden sebanyak 1.000 orang. Metode penarikan sample dilakukan dengan multistage random sampling dengan margin of error sebesar 3,1% dan tingkat kepercayaan 95%.

Responden yang dipilih terdiri 50 persen laki-laki dan 50% perempuan dengan quality control secara random 20%. SRS adalah anggota Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI).

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut