get app
inews
Aa Read Next : KPPR Untag Surabaya Siapkan Syarat Daftar Rektor, Pastikan Tak Melenceng dari Statuta Yayasan

Mahasiswa Untag Surabaya Hadirkan Sepeda Pintar, Bisa Cegah Senggolan di Jalan

Rabu, 16 Agustus 2023 | 06:30 WIB
header img
Mahasiswa Untag Surabaya, Rizky Kevin Pratama bersama Sepeda Pintar. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Mahasiswa Untag Surabaya, Rizky Kevin Pratama menghadirkan Sepeda Pintar. Ide dan gagasannya patut diajungi jempol. Pasalnya, sepeda dirancang sedemikian rupa sampai-sampai bisa mencegah senggolan di jalan raya.

Mahasiswa Fakultas Vokasi Program Studi Teknologi Listrik Fakultas Vokasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ini tidak merubah wujud asli sepeda pancal. Ia hanya menambahkan sejumlah alat yang dipasang pada frame sepeda.

Saat berbelok, ada lampu sein otomatis yang menyala. Menariknya, saat lampu menyala juga dibarengi suara kiri dan kanan. Sehingga pengendara dibelakang dan sampingnya akan mendengar.

Kevin menuturkan, ide membuat Sepeda Pintar ini dilatarbelakangi perasaan simpati dan keprihatinan terhadap seringnya kecelakaan yang dialami oleh pengguna sepeda pancal.

Permasalahan tersebut menjadi dasar bagi Rizky dalam merancang solusi dengan menciptakan sepeda pintar, terutama di wilayah perkotaan yang padat kendaraan dan memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. 

“Saya asli Madiun, di Surabaya selama kuliah saya ngekos dan sepanjang perjalanan studi, saya tidak sedikit saya melirik dan melihat para pengguna sepeda kayuh mengalami kecelakaan serta tidak sedikit juga yang nyaris tertabrak. Oleh karena itulah saya merancang sepeda pintar dengan lampu sein otomatis yang dapat mencegah kecelakaan lalu lintas terjadi,” terang Kevin.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut