get app
inews
Aa Read Next : Tiga Pesan Strategis Wapres dalam iConASET di Kampus Unusa Surabaya

72 Siswa Terima Sertifikat Kompetensi LSK, Bisa untuk Melamar Kerja!

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 07:35 WIB
header img
Siswa SMA, SMK, dan MA menerima sertifikat LSK. Foto iNewsSurabaya/saipul

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sebanyak 72 siswa jenjang SMA dan SMK di Jawa Timur menerima sertifikat kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) yang digelar Dinas Pendidikan (Dindik)  Jatim. Menariknya sertifikasi yang diperoleh para siswa ini telah bertaraf nasional sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) tahun 2023, lulus sekolah bisa menunjukkan kualitas dan kompetensinya untuk persaingan di Industri, Dunia Usaha Dunia Kerja (IDUKA).

Ditjen Vokasi Kemdikbudristek, Wartanto mengungkapkan lulusan SMK, SMA dan MA selain memiliki ijazah juga harus punya sertifikat kompetensi sesuai kemampuan yang dimiliki siswa. Jika berdasarkan data lulusan SMK rata-rata bekerja dan sebagian melanjutkan ke perguruan tinggi. Sisanya, banyak juga yang masih belum mendapatkan pekerjaan.  

"Karena itu sertifikasi kompetensi anak SMK ini sangat penting untuk masuk IDUKA," ujar Wartanto usai penyerahan sertifikasi di kantor Dinas Pendidikan Jawa Timur,  (17/8). 

Selain untuk bekerja, sejak setahun terakhir kata Wartanto sertifikat kompetensi juga bisa digunakan untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui program Rekognisi Pendidikan Lampau (RPL). Program ini diterapkan di 26 PTN dan PTS di Indonesia. Dengan kata lain, sertifikat kompetensi yang dimiliki siswa setara dengan sks (satuan kredit semester). 

"Jadi (sertifikat) ini sangat strategis. Anak-anak SMK ke depan (siap bersaing) sesuai kompetensi yang dibutuhkan industri,"katanya. 

Wartanto juga menyebut, adanya sertifikasi juga menyiapkan siswa dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin berat. Diantaranya, tantangan digitalisasi. Menurutnya hampir semua bisnis diambil alih digitalisasi. Kedua, otomatisasi. Terakhir otak buatan atau AI. Ini sudah terlihat pada perang Rusia dan Ukraina yang menggunakan AI seperti pesawat tanpa awak. Di Jepang dan Belanda sudah ada robot yang sangat menyerupai manusia. 

"Indonesia, kalau anak-anak kita tidak disiapkan ke arah ini akan kalah. Jadi sertifikasi siswa ini sangat diperlukan untuk menyiapkan persaingan di IDUKA," tegasnya.  

Sementara itu, Kepala Dindik Jatim, Aries Agung Paewai menuturkan sertifikasi kompetensi siswa ini diinisiasi oleh Dindik Jatim bersama Kemdikbudristek untuk memberikan wadah bagi siswa. Agar kedepan, mereka siap menghadapi tantangan yang semakin berat.  

"Kita mewadahi (pelatihan kompetensi) di tingkat SMA/SMK.  Tentu tidak bisa semua ikut, karena terbatas kuota. Diharapkan dengan inisiasi dan berbagai kompetensi dan pengembangan yang disiapkan oleh TUK (tempat uji kompetensi) di 9 bidang keahlian diharapkan bisa menyiapkan siswa di bidang dunia kerja maupun wirausaha," terangnya.  

Aries juga menyebut, sertifikat yang diterima siswa sudah berstandar nasional dan international. Artinya,  di mana pun perusahaannya dengan berbekal sertifikat yang diterima dari LSK maka bisa memberi peluang besar untuk bisa bekerja. 
  
"Kita punya lulusan 4 juta. Loker (lowongan kerja) hanya 1 juta sekian. Maka butuh kompetensi mandiri. Sehingga sertifikat kompetensi yang terafiliasi ini dapat memberi kesempatan kepada siswa agar tidak perlu cemas soal pekerjaan lagi. Terus kembangkan kompetensi melalui sertifikasi,"pungkasnya.  

Perlu diketahui, 72 siswa yang menerima sertifikat kompetensi ini dinyatakan lulus 100% oleh LSK sesuai standar KKNI setelah mengikuti beberapa tahapan kelas pelatihan, mulai kelas reguler hingga kelas akselerasi. Mereka lulus di bidang keahlian Motion Animasi, Desain Grafis, Tata Busana,  Teknik Pendingin dan Tata Udara dan Tata Kecantikan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut