get app
inews
Aa Read Next : Donor Darah Pertama Tahun 2024 di Rumah Aspirasi Indah Kurnia Dibanjiri Peserta

Jaga Stok PMI Surabaya, DLU Gelar Donor Darah

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 13:09 WIB
header img
Aksi sosial donor darah di kantor DLU Jalan Kanginan Surabaya, Jumat (25/8/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - PT Dharma Lautan Utama (DLU) menggelar donor darah di kantor DLU Jalan Kanginan Surabaya,  Jumat (25/8/2023).  Aksi sosial yang diikuti 75 orang ini guna mengantisipasi dan menjaga stok darah PMI Surabaya.

Penasehat Utama dan CEO PT DLU, Bambang Haryo Soekartono mengatakan kegiatan sosial tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.  DLU sendiri, kata dia, selama ini rutin stiap 3 bulan sekali menggelar donor darah.

"Donor darah sangat penting. Ini untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,"  katanya. Selama momen hari kemerdekaan,  DLU juga menggelorakan semangat nasionalisme, seperti ziarah ke taman makam pahlawan.

BHS Peduli Kirim Bantuan Sosial ke Nelayan Jateng

Bambang Haryo Soekartono atau yang kerap disapa BHS ini menuturkan, insiden terbakarnya kapal nelayan di Pelabuhan Tegal pada Selasa (15/8/2023) membuatnya tergerak. Untuk itu, pihaknya melalui BHS peduli gerak cepat mengirimkan bantuan.

Relawan BHS Peduli beserta DLU holding mengirimkan dua truk sembako untuk meringankan beban mereka, karena semangat kebersamaan di dunia maritim harus dijaga.

"Ini penting sekali kebersamaan terutama di dunia maritim ini bila ada kesulitan kita akan bantu," tutunya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT DLU, Erwin H. Poedjono mengungkapkan bahwa pihaknya bersama BHS merasakan keprihatinan nelayan yang kapalnya terbakar beberapa waktu lalu. Dan peristiwa ini membawa dampak langsung kepada 1500 ABK belum termasuk keluarganya. 

"Kerugian sekitar di atas Rp 200 miliar, jadi Alhamdulilah Dharma Lautan kemarin bisa sedikit memberikan bantuan di Tegal kemarin, kita memberikan bantuan sembako," ujarnya.

Erwin bilang, DLU merupakan perusahaan swasta yang pertama membantu meringankan beban nelayan Tegal yang ditimpa musibah. Sehingga dirinya mengajak seluruh stakeholder ikut membantu para korban.

"Kalau kita melihat kemarin itu kapalnya hangus total, jadi ini perlu peran serta banyak pihak, khususnya pemerintah untuk memulihkan kembali. Mulai bantuan teknis, bantuan perbankan, penyuluhan, perbaikan sarana pelabuhan yang sangat tidak memenuhi syarat. Pemadam nggak punya, nggak pernah dikeruk, dangkal dan tidak mencukupi jumlah perahu dengan areanya," ungkapnya.

Sementara itu Humas PMI Surabaya, Buang Juliadi mengapresiasi aksi sosial  donor darah yang digelar oleh DLU. Ia mengatakan, menjelang akhir tahun biasanya stok darah PMI mengalami penurunan sekitar 20 persen.

Untuk itu dia juga mengimbau kepada ribuan perusahaan yang ada di kota Pahlawan agar turut menggelar donor darah seperti yang dilakukan DLU.

"Kita tetap berusaha untuk mengajak teman-teman instansi terutama adakan donor darah seperti DLU ini, jadi perusahaan yang masih aktif belum cuti kita ajak untuk berpartisipasi untuk memenuhi stok darah di PMI Surabaya," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut