get app
inews
Aa Read Next : Deklarasikan Forum Rakyat Demokratik di Pemalang, Aktivis Serukan Jangan Pilih Capres Penculik

Jelang Pilpres 2024, Ini Pesan Peneliti LIPI Prof. Hermawan Sulistyo Soal Penculikan Aktivis

Jum'at, 01 September 2023 | 07:39 WIB
header img
Peneliti LIPI Prof. Hermawan Sulistyo ingatkan Soal Penculikan Aktivis. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Hermawan Sulistyo kembali mengingatkan tragedi 1998 yang menyebabkan sejumlah aktivis hilang sampai saat ini. Namun, oleh pemerintah terkesan tragedi itu terkesan dilupakan, bahkan pesan reformasi seolah tidak berjalan.

Untuk itu, dia berharap masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan memilih pemimpin yang lebih baik pada tahun 2024 dan menyelesaikan persoalan masa lampau. Menurutnya, tragedi 1998 yang menjadi sisi kelam sejarah Indonesia menyebabkan banyaknya korban jiwa dalam proses reformasi. 

"Yang jelas jangan pilih penculik, yang lainnya silahkan. Karena saya mengalami. Saya investigator saat itu. Saya pendiri KontraS. Saya co founder KontraS. Dan saya sudah keluar karena tidak mau ada conflict of interest disana," kata Mas Kiki, panggilan karib Prof. Hermawan Sulistyo, saat jumpa pers dalam acara Refleksi Indonesia Merdeka di Surabaya yang bertajuk '98 Wujud Nyata Masa Kelam' di Surabaya, Kamis (31/8/2023). 

Dia mengungkapkan, setelah tragedi 1998, dia bergabung dalam Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) dan menginterogasi beberapa jenderal termasuk Prabowo Subianto. Dari 15 jenderal diinterogasi, hanya Prabowo yang berani marah gebrak meja. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut